Mohon tunggu...
Leni Nurindah
Leni Nurindah Mohon Tunggu... Guru - Guru-IRT-Penulis-Pebisnis Online

Menjadi cerdas dan berkarakter adalah tujuan utama sebuah pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Bersepeda, Cara Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mewujudkan Net Zero Emission

24 Oktober 2021   18:35 Diperbarui: 24 Oktober 2021   18:39 82 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Suasana penuh kekeluargaan bersama rekan-rekan satu tim pesepeda. sumber: Dok. Pribadi

Salah satu faktor yang dapat dilakukan untuk menunjang gerakan Net Zero Emmision adalah dengan cara pengurangan polusi udara. Banyak yang masih belum sadar bahwa polusi udara yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor berkontribusi menimbulkan pemanasan global yang menyebabkan terjadinya kenaikan temperatur di permukaan bumi.

Tingkat polusi udara sendiri sudah dalam taraf yang mengkhawatirkan. Penyebab utama polusi yang tinggi berasal dari kendaraan bermotor dan industri. Gas buang dari kendaraan bermotor merupakan penyumbang emisi terbesar. Kadar emisi tersebut juga akan terus meningkat dari tahun ke tahun tentunya dikarenakan peningkatan jumlah kendaraan bermotor.

Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mereduksi jumlah polusi udara, khususnya kadar emisi pencemar yang bersumber dari transportasi kendaraan bermotor. Langkah konkret yang dapat dilakukan ialah bersepeda atau jalan kaki.

Istilah-istilah yang menggambarkan kegiatan bersepeda seperti nggowes, ngonthel, nyepeat, yang  sering kita dengarkan di sela-sela perbincangan di kalangan masyarakat saat ini, bukan hanya bermanfaat bagi tubuh tapi juga bagi masa depan lingkungan.

Berikut 3 manfaat bersepeda bagi lingkungan yang perlu kalian ketahui:

1. Mengurangi Emisi Karbon

Emisi CO2 atau karbon dioksida merupakan sumber polusi yang paling banyak dihasilkan oleh pembakaran tidak sempurna pada kendaraan bermotor dan mesin industri. Kadarnya yang tinggi di atmosfer memicu efek rumah kaca yang memicu pemanasan global.

Polusi udara yang semakin memburuk akibat banyaknya aktivitas kendaraan bermotor yang tidak ramah lingkungan, tertolong dengan tingginya minat bersepeda masyarakat. Bersepeda dapat mengurangi polusi udara atau gas yang menyebabkan efek rumah kaca karena penggunaan sepeda bebas dari emisi karbon.

Sebagai wujud nyata rasa peduli terhadap lingkungan seharusnya bukan hanya celoteh belaka. Namun lebih ke arah implementasi untuk membuat gagasan yang positif bisa terwujud dan menjadi kenyataan. Peran aktif masyarakat untuk mengurangi polusi udara bisa dilakukan dengan hal-hal kecil misalnya bersepeda ataupun jalan kaki menuju tempat-tempat yang masih terjangkau.

Mengurangi penggunaan transportasi yang menimbulkan emisi karbon monoksida tantunya akan sangat bermanfaat bagi lingkungan. Efek rumah kaca penyebab global warming yang terjadi di bumi ini pun akan berkurang secara berkelanjutan sedikit demi sedikit. Setidaknya, hal ini membantu dalam upaya memerangi krisis iklim dunia yang semakin nyata.

2. Efisiensi Energi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan