Mohon tunggu...
Lea ansanay
Lea ansanay Mohon Tunggu... Guru - Guru SMA Gabungan Jayapura

Perkenalkan nama lengkap saya Dolvina Lea Ansanay. Latar belakang Pendidikan saya adalah S1 Pendidikan geografi Universitas Cenderawasih dan bekerja sebagai guru pada SMA Gabungan Jayapura. Saya telah mengabdi sejak tahun 2009 hingga saat ini sebagai guru mata pelajaran geografi. Selain sebagai guru di sekolah saya juga aktif pada bebrapa kegitan informal yang bergerak di bidang Pendidikan dan keagamaan. Rasa ingin tahu yang tinggi, suka mencari tantangan membuat saya ingin selalu belajar dan mempelajari hal baru. Hobi saya traveling dan mendengar musik , karna menurut saya hal ini dapat memicu kreatifitas dan motivasi belajar diri saya. Konten favorit yang saya gemari tentunya bidang Pendidikan yang utama selain itu teknologi dan budaya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Memaknai Hardiknas dalam Tantangan Abad 21 di Provinsi Papua

2 Mei 2024   03:00 Diperbarui: 2 Mei 2024   04:34 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : doc.pribadi 

Hari Pendidikan Nasional di Indonesia dirayakan setiap tahun pada tanggal 2 Mei. Hari ini merupakan momen penting untuk menghargai peran pendidikan dalam pembangunan bangsa. Di Hari Pendidikan Nasional, biasanya dilakukan berbagai kegiatan seperti seminar, diskusi, dan acara-acara yang mempromosikan pentingnya pendidikan bagi perkembangan individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Pada tahun 2024, Hari Pendidikan Nasional kemungkinan dirayakan dengan tema yang menggarisbawahi inovasi dalam pendidikan, penguatan kurikulum, pelatihan guru, dan penerapan teknologi dalam pembelajaran. Selain itu, mungkin juga ada penekanan pada pentingnya pendidikan inklusif yang memperhatikan keberagaman dan kesetaraan akses pendidikan bagi semua lapisan masyarakat.

Selama Hari Pendidikan Nasional, para pemangku kepentingan pendidikan, termasuk pemerintah, sekolah, guru, siswa, dan masyarakat umumnya berpartisipasi dalam berbagai kegiatan untuk merayakan dan merenungkan peran serta tantangan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Pendidikan Abad 21 

Pendidikan di abad ke-21 telah mengalami transformasi yang signifikan sebagai respons terhadap perkembangan teknologi, globalisasi, dan perubahan sosial yang cepat. Beberapa fenomena penting dalam pendidikan di abad ke-21 termasuk:

1. Teknologi dalam Pendidikan


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara kita belajar dan mengajar. Penggunaan perangkat lunak, aplikasi mobile, platform pembelajaran online, dan realitas virtual semakin umum dalam proses pendidikan. Ini memungkinkan akses pendidikan yang lebih luas dan interaktif.

2. Pembelajaran Berbasis Keterampilan

Pendidikan di abad ke-21 semakin menekankan pengembangan keterampilan abad ke-21 seperti kreativitas, pemecahan masalah, kritis berpikir, kolaborasi, dan komunikasi. Kurikulum cenderung lebih terintegrasi dan berorientasi pada pengembangan keterampilan yang relevan dengan dunia nyata.

3. Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pengalaman

 Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan berbasis proyek semakin populer. Ini memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan kontekstual, di mana siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam situasi dunia nyata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun