Mohon tunggu...
UCARE INDONESIA
UCARE INDONESIA Mohon Tunggu... Administrasi - Lembaga yang mengelola dana ZISWAF dan dana kemanusiaan

Lembaga yang mengelola dana ZISWAF dan dana kemanusiaan

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Doa: Jalan untuk Mendekatkan Diri dengan Sang Pencipta

2 November 2022   17:22 Diperbarui: 2 November 2022   17:30 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: freepik.com

Berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala merupakan ibadah yang memiliki keutamaan. Doa merupakan senjata orang-orang yang beriman dan tempat bergantung orang-orang yang bertakwa. Hanya dengan doa, semua kesulitan akan mudah diatasi, masalah akan menemukan jalan kemudahan, dan musibah akan dapat dihindarkan. 

Doa adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang hamba kepada Sang Penciptanya. Sebab, melalui doa inilah akan terjadi kedekatan antara sang hamba dengan Sang Maha Pencipta. Bahkan, para nabi dan rasul yang notabene adalah makhluk yang terbaik pun, tetap menjadikan doa sebagai sarana untuk mengundang rahmat dan pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Para Nabi dan rasul, serta orang-orang shalih sebelum kita telah menjadikan doa untuk mengatasi semua kesulitan dan masalah yang sedang dihadapinya. Seperti Nabi Adam as yang berdoa dan memohon ampun kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Nabi Nuh as, juga menjadikan doa sebagai sarana untuk mendekatkan dirinya kepada Rabbnya. 

Bahkan Rasulullah pun senantiasa mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dengan memohon ampun dan selalu berdoa kepadaNya.

Ada banyak sekali Riwayat hadist yang menyatakan bahwa Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam adalah pribadi yang selalu berdoa kepada Allah Ta'ala dalam keadaan apapun, baik dalam keadaan senang ataupun susah.

Doa adalah sarana bagi kita selaku hamba untuk senantiasa bangun dan menjalin kedekatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Bahkan, para Nabi dan rasul yang merupakan hamba piihan Allah Azza Wa Jalla pun menjadikan doa sebagai sarana yang digunakan untuk menghubungkan dirinya kepada Rabbnya.

Apalagi kita manusia yang lemah, saat menghadapi persoalan dan merasa terjepit dengan keadaan, maka salah satu langkah untuk melawannya adalah  membentengi diri dengan senantiasa berdoa memohon kepada Allah agar selalu diberikan kekuatan iman islam, serta diberikan petunjuk dalam menghadapi berbagai problema kehidupan. 

Dengan kita memperoleh pertolongan Allah Ta;ala maka akan mendapat kebahagiaan dan keselamatan dunia maupun akhirat.

Referensi: Musyafa, Haidar. 2014. Hidup Berkah dengan Doa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun