Mohon tunggu...
Lazuardi Firdaus
Lazuardi Firdaus Mohon Tunggu... Lainnya - Motorsport

Motorsport Maniac

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Peluang Pembalap Amerika di F1 2023 = Kecil

12 September 2022   14:30 Diperbarui: 12 September 2022   22:53 212 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Circuit of The Americas (motorsport.com)

Amerika Serikat akan menyelenggarakan balapan F1 sebanyak 3 kali pada musim 2023 : Miami, Las Vegas, dan Austin (Circuit of The Americas). Tetapi tidak ada satupun pembalap asal Amerika Serikat yang dipastikan berlaga di F1 tahun depan. Pembalap AS terakhir yang berlaga di F1 yaitu Scott Speed pada tahun 2006. 

Kali ini terdapat dua nama kandidat yang bisa mencuri seat untuk musim depan : Colton Herta dan Logan Sargeant. Namun, kedua nama tersebut mempunyai peluang kecil untuk berlaga di F1.

1. Logan Sargeant

Logan Sargeant (Williams Racing)
Logan Sargeant (Williams Racing)


Pembalap asal Florida yang berafiliasi dengan Williams mempunyai CV yang cukup menjanjikan untuk menggoda tim F1 untuk merekrutnya. Finish P3 di Formula 3 musim 2020 serta 3 besar di klasmen sementara F2 2022 di musim debutnya menunjukan dia adalah pembalap yang layak untuk 'dipromosikan' ke F1. Serta ia mendapatkan jatah untuk berlaga di FP1 GP Amerika Serikat pada bulan Oktober.

Untuk perolehan poin super license, ia sementara mempunyai 27 poin dengan komposisi P3 di F3 2020 (20 poin) dan P7 di F3 musim 2021 (7 poin). Jika Sargeant tetap berada di 3 besar klasmen akhir F2 2022 (berarti akan mendapat 40 poin), ia mempunyai poin lebih dari cukup untuk memenuhi prasyarat Super License F1.

Selebrasi Williams dan De Vries di Monza (Williams Racing)
Selebrasi Williams dan De Vries di Monza (Williams Racing)

Akan tetapi peluang ia membalap di Formula 1  musim ini menipis pasca GP Italia. Nyck De Vries tampil memukau dengan finish P9 pada debutnya di GP Italia dan mengalahkan Nicolas Latifi. 

Hal tersebut membuat Williams dalam posisi 'sangat nyaman' untuk memilih pembalap mereka untuk 2023. Andai Williams merekrut De Vries untuk musim depan, peluang Sargeant amat kecil untuk mencuri seat F1 2023 selain dari tim Williams. Menarik untuk menunggu apakah Williams akan memilih juara dunia Formula E dengan debut yang menjanjikan atau Rising Star asal Amerika Serikat yang pastinya membawa uang mahar yang tidak sedikit.

2. Colton Herta

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan