Mohon tunggu...
Lazuardi Firdaus
Lazuardi Firdaus Mohon Tunggu... Lainnya - Motorsport

Motorsport Maniac

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Hambatan Mercedes Untuk Menang: Terhambat di Lurusan

12 Agustus 2022   10:26 Diperbarui: 12 Agustus 2022   11:03 128 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mercedes porposing (motorsport.com)

Tim Mercedes-AMG Petronas F1 musim ini mengalami musim yang sulit. Di awal musim, mereka seolah sendirian menjadi mobil tercepat ketiga di grid, terlalu jauh dengan Ferrari dan Red Bull serta tidak ada tim lain yang bisa mendekati mereka. Ditambah mobil mereka mengalami porposing yang paling ekstrim diantara semua mobil yang sangat berpengaruh dengan performa secara keseluruhan. Akan tetapi, lambat laun mereka mulai mendekati Red Bull dan Ferrari secara performa. 6 kali beruntun mencetak podium (dimulai dari podium di Baku Street Circuit) serta pole position di Hungaria menandakan performa mobil mereka mulai dapat bersaing dengan Red Bull serta Ferrari. Tetapi ada satu kelemahan mendasar mobil Mercedes W13 musim ini, yaitu :

Mercedes W13 Lambat Di Lurusam

Walaupun performa downforce Mercedes tidak kalah bagusnya dengan Red Bull atau Ferrari, Mercedes W13 terkenal sangatlah lambat di lurusan. Hal ini disebabkan mobil mereka yang terlalu draggy dimana angin yang datang ke mobil  tidak dapat diteruskan secara mulus alias terhambat yang mengakibatkan mobil menjadi tidak terlalu cepat walaupun mempunyai mesin yang kuat, khususnya di lurusan. Ditambah mobil mereka selalu memantul ketika berada di lurusan yang mau tidak mau mereka menambah downforce yang mengakibatkan top speed mereka dibawah target. Contoh paling nyata adalah balapan di Kanada dan Austria.

Sektor 3 Sirkuit Gilles-Villeneuve

Layout Sirkuit Gilles-Villeneuve (f1.com)
Layout Sirkuit Gilles-Villeneuve (f1.com)

Sektor 3 Sirkuit Gilles-Villenueve di Kanada secara efektif adalah dua lurusan yang dipisahkan chicane. Untuk mendapatkan waktu tercepat, dibutuhkan mobil yang dapat melaju sangat kencang di lurusan. Sayangnya, Mercedes bukanlah ahli di bidang tersebut. Catatan waktu tercepat saat balapan berlangsung pun memperlihatkan kelemahan mobil dari Sir Lewis Hamilton dan George Russell

Catatan waktu terbaik S3 GP Kanada 2022 (Klik untuk memperbesar)
Catatan waktu terbaik S3 GP Kanada 2022 (Klik untuk memperbesar)

Catatan waktu mereka relatif lebih lambat 0,2 detik dibanding Red Bull dan Ferrari di sektor tersebut. 0,2 detik amatlah jauh untuk sirkuit pendek seperti Kanada yang mempunyai lurusan sangat panjang. Bahkan tim yang secara performa keseluruhan dibawah mereka bisa mencatatkan waktu lebih baik dari mereka di sektor 3. Selain Sektor 3 Kanada, sirkuit Red Bull Ring adalah contoh dimana kelemahan mobil Mercedes W13 sangatlah terlihat jika dibandingkan Ferrari dan Red Bull.

Walaupun Mendapat Podium Hibah Tetapi Merekea Menderita di Austria 

Hasil F1 GP Austria 2022 (FIA)
Hasil F1 GP Austria 2022 (FIA)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan