Mohon tunggu...
Laylatun Nuraini
Laylatun Nuraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

hobi nonton film seorang fangirl EXO, CaGur

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Dilema Landak

16 November 2022   07:39 Diperbarui: 16 November 2022   07:41 440
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Pernah merasa ingin selalu sendirian?, tapi benci menghabiskan waktu sendirian. 

            Jika pernah, bisa jadi kamu mengalami suatu kondisi yang disebut dilema landak.

            Kira-kira udah pernah dengar atau baca tentang dilema landak sebelumnya? Jika belum yuk kita cari tahu lewat tulisan singkatku.

Dilema Landak adalah suatu kondisi psikologis yang mulanya ditandai dengan sepasang hati yang ingin lebih dekat tetapi disaat bersamaan memiliki kecenderungan untuk menjaga jarak satu sama lain. Lalu alasan kenapa dilema ini disebut dilema landak karena analogi dari kehidupan landak itu sendiri, digambarkan situasi sekumpulan landak yang ingin menghangatkan diri pada saat musim dingin, jika ingin hangat mereka harus merapatkan diri satu sama lain. Karena mereka memiliki duri disekujur tubuhnya tak mungkin dapat menghangatkan tanpa saling menyakiti satu sama lain.

Ada yang mengatakan bahwa dilema landak ini disebabkan jika seseorang memiliki kecenderungan ketergantungan yang kuat. Ketika seseorang bergantung pada orang lain  maka seseorang itu akan merasa aman, tetapi di satu sisi dia akan merasa kegelisahan. Apabila seseorang itu melepaskan diri maka ia akan merasa bebas tetapi dia akan mengalami kekosongan dan merasa tidak aman. Orang yang memiliki riwayat depresi pasti pernah melalui masa ini. Mereka bergantung pada orang lain, tetapi apabila orang lain banyak memberikan perhatian mereka terkadang bosan. Parahnya kadang mereka membenci diri mereka sendiri. Pernah tidak, merasa apabila ada orang yang mengatakan bahwa mereka merasa bahwa kamu hebat, benar kamu langsung baper dan bersikap manja layaknya anak-anak. Terdengar seperti pecundang tetapi itu faktanya dilemma landak dijadikan tempat bersembunyi yang dirasa aman.

Aku pernah membaca buku yang memiliki kutipan seperti ini "Katanya kedua kutub yang berbeda malah akan bereaksi satu sama lain. Orang yang terlihat percaya diri ternyata memiliki  keoercayaan diri yang rendah,. Mereka sengaja menonjol di depan umum karna tidak memiliki rasa percaya diri. Mereka melukan itu gara orang-orang bisa melihat diri mereka"

            Sekian tulisan singkat aku. Terima kasih udah mampir dan meluangkan waktu membaca tulisan aku.

           

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun