Mohon tunggu...
Laurina Salsabilah
Laurina Salsabilah Mohon Tunggu... Ilmuwan - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa dari universitas Airlangga yang suka mengisi waktu luang untuk melakukan personal research dan menyampaikan pemikiran saya melalui kata kata yang akan saya tuang pada setiap artikel yang saya buat.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Budaya Kerja "996" di China

16 Juni 2022   12:10 Diperbarui: 16 Juni 2022   12:34 96 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Awal pekan ini, kematian mendadak seorang karyawan muda di sebuah perusahaan streaming video pendek China telah menghidupkan kembali perdebatan tentang '996 budaya kerja' China yang melelahkan di industri teknologi.

Menurut Agence France-Presse (AFP), seorang moderator konten berusia 25 tahun untuk situs streaming video pendek Bilibili meninggal karena pendarahan otak setelah bekerja selama libur umum selama seminggu.

Bilibili mengkonfirmasi kematian karyawan itu dalam sebuah pernyataan Selasa malam dan mengatakan mereka telah meminta maaf kepada keluarganya sambil menyebut insiden itu sebagai "panggilan untuk membangunkan".
"Kita harus melakukan perbaikan aktif dalam memeriksa kesehatan fisik karyawan untuk mencegah tragedi serupa terjadi lagi," tambah pernyataan itu.

Kematian mendadak telah menambah daftar panjang kematian serupa dari karyawan teknologi muda dalam beberapa tahun terakhir, memicu perdebatan tentang budaya industri "996" yang terkenal kejam.
Mari kita lihat budaya kerja 996 dan apa yang dikatakan para kritikus:

Apa budaya kerja 996 China?
Setelah didukung oleh miliarder teknologi seperti pendiri Alibaba Jack Ma dan Richard Liu, 996 menanggapi bekerja 12 jam per hari, dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam, selama enam hari seminggu: 72 jam per minggu.

Perusahaan terkadang membayar bonus besar kepada beberapa karyawan, membujuk mereka untuk bekerja lebih lembur, atau mengganti ongkos taksi untuk karyawan yang bekerja hingga larut malam.

Budaya kerja yang intens telah bertemu dengan kritik online dan offline. Pada Maret 2019, protes anti-996 diluncurkan melalui GitHub.
Repositori dibuat dengan tujuan untuk mencantumkan perusahaan yang menggunakan sistem 996 jam kerja, tetapi segera berkembang menjadi gerakan, Lisensi Anti 996, yang melarang perusahaan yang menggunakan sistem 996 untuk menggunakan kode sumber terbuka di GitHub.

Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan China, karyawan diizinkan untuk memperpanjang jam kerja hingga tiga jam untuk alasan khusus, tetapi staf tidak boleh bekerja lebih dari 36 jam ekstra dalam sebulan.

Perdebatan tentang budaya kerja yang melelahkan dihidupkan kembali setiap beberapa bulan setelah kematian seorang karyawan yang terlalu banyak bekerja.

Kematian karena 996 budaya kerja

-- Tahun lalu di bulan Januari, dalam sebuah video yang beredar luas di media sosial Tiongkok, pengemudi pengiriman berusia 45 tahun Liu Jin menuangkan bensin dan membakar dirinya di luar stasiun distribusi untuk Eleme di kota timur Taizhou, berteriak bahwa dia menginginkannya uang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan