Mohon tunggu...
Laurens W
Laurens W Mohon Tunggu... Lainnya - 😀😀😀

Be yourself !

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Galau Pilih Kampus

11 Januari 2021   08:14 Diperbarui: 11 Januari 2021   09:00 239
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berbicara tentang pemilihan kampus, saya berusaha mengenang kembali jaman ketika saya duduk di bangku SMA. Jaman ketika saya galau memilih kampus dan jurusan perkuliahan. 

Cerita singkatnya ketika di bangku SMA kelas XII, saya memiliki banyak keinginan jurusannya. Memang sewaktu SMA jurusan saya IPA, tapi ketika memilih jurusan perkuliahan, ketertarikan saya lebih menjurus ke IPS. 

Sebenarnya ada tiga jurusan yang paling diinginkan yaitu Psikologi, Komunikasi, dan Ekonomi. Lalu saya cerita keinginan itu kepada orang tua dan mendiskusikannya. 

Pada akhirnya, setelah diskusi panjang, orangtua saya lebih menginginkan saya untuk masuk jurusan Ekonomi-Akuntansi. Ya sejujurnya jurusan itu bukan jurusan nomor pertama yang saya inginkan. Tapi setelah dipikir dan dipertimbangkan lagi, pada akhirnya saya menuruti perkataan orang tua. 

Saya berusaha mengerti kondisi orang tua dan juga saya merasa mereka lebih mengerti keadaan anaknya. Maksudnya adalah berdasarkan karakter dan pribadi saya, mereka menilai bahwa saya lebih cocok ke jurusan ekonomi pada saat itu. 

Pandangan saya saat itu adalah mungkin orang tua lebih bisa melihat mendalam ke anaknya, dibandingkan jika kita yang menilai diri kita sendiri. Kemudian ketika saya setuju untuk ambil jurusan Ekonomi-Akuntansi, saya pun bertekad ingin belajar sendiri juga tentang psikologi dan komunikasi di kemudian hari. Belajar bisa melalui buku atau pun praktek langsung tapi hanya untuk kesenangan semata. Setelah tahu jurusannya, maka selanjutnya adalah sibuk dalam pilih kampus yang diinginkan.

Karena dulu saya gak terlalu pinter amat, jadi saya juga tidak pernah berekspektasi buat masuk universitas negeri. Tapi bagi siapapun yang membaca artikel ini jika memang yakin akan kemampuannya, maka sebenarnya saya menyarankan untuk mencoba daftar ke universitas negeri terlebih dahulu. 

Jika kamu ingin masuk perguruan tinggi negeri (PTN), maka ada tiga jalur yang bisa ditempuh, yakni melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. Sekarang juga bimbel-bimbel persiapan ujian SBMPTN sudah merajalela, maka jika disertai dengan kesungguhan belajar yang serius kemungkinan untuk berhasil lolos masuknya juga lebih besar.

Di SMA saya dulu, selalu diadakan pameran pendidikan dan juga presentasi yang dibawakan oleh alumni yang mewakili kampus tertentu. Ketika itu, untuk jurusan Akuntansi, saya paling tertarik akan kampus Trisakti School of Management (TSM). Jadi ada beberapa tips dalam pemilihan kampus yaitu sebagai berikut :

1. Sebelum memilih kampus, pastikan terlebih dahulu jurusan yang diinginkan. Sebaiknya jurusan yang memang sesuai dengan minat dan bakat yang kalian miliki. Kemudian setelah yakin akan jurusan itu baru mulai pemilihan kampus.

2. Cek akreditasi kampus yang kamu ingini, yang terbaik adalah jika kampus dengan jurusan yang diambil telah terakreditasi A. TSM sendiri sudah terakreditasi A, baik untuk S1 akuntansi dan S1 manajemen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun