Mohon tunggu...
Laura Erika Hasibuan
Laura Erika Hasibuan Mohon Tunggu... Lentera hati

Ku lukiskan wajahmu dalam goresan luka dihati

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Aku Cinta Kue Tradisional, Kalau Kamu?

9 April 2021   22:08 Diperbarui: 9 April 2021   22:07 57 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aku Cinta Kue Tradisional, Kalau Kamu?
Foto: Dokumentasi Pribadi

Siapa sih yang tidak suka dengan singkong? Singkong merupakan tanaman yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia, karena begitu banyak kue-kue tradisional yang menggunakan bahan dasarnya dari singkong. 

Cara pengolahannya pun tidak begitu sulit, yaitu bisa digoreng, direbus, dikukus, dipanggang bahkan ada juga yang dibakar loh. Kalau teman-teman Kompasianer sudah pernah mencoba memasak singkong dengan cara seperti apa? 

Singkong mempunyai nama Latin Manihot Esculanta sedangkan dalam bahasa Inggris disebut Cassava, tanaman satu ini menjadi kudapan yang paling pas untuk teman minum teh atau kopi, teksturnya yang lembut, legit, dan gurih sangat menggugah selera dan bikin ketagihan untuk terus mengunyah. 

Singkong yang kita kenal mungkin hanya jenis singkong mentega dan singkong manggu, ternyata tidak itu saja ada juga jenis singkong mukibat, singkong gajah, singkong emas, dan singkong putih yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat. 

Kudapan kue-kue tradisional yang terbuat dari singkong bisa kita jumpai di pasar-pasar, seperti gethuk, lemet, sawut, misro, combro, tape singkong, gatot, tiwul, talam singkong dan lain-lain. 

Singkong yang dulunya dipandang sebelah mata karena dianggap makanan rakyat jelata dan hanya dinikmati oleh para orang tua, ternyata sudah naik level nih teman-teman. 

Cara pengolahannya pun semakin bervariasi dengan berbagai topping seperti keju, coklat, susu, kacang-kacangan dan matcha. 

Kali ini aku mau membuat kue bingka yang bahan dasarnya dari singkong, kue bingka adalah kue khas suku Banjar, Kalimantan Selatan. 

Kue bingka memiliki cita rasa manis, creamy dan teksturnya lembut. Tertarik dengan si kue satu ini yuk kita mulai bermain-main dengan semua peralatan di dapur. 

Bingka Singkong Pandan Panggang ala Aku 

Bahan-bahan:

  • 1 Kg singkong
  • 2 butir telur ayam
  • 4 Sdm tepung tapioka (bisa tepung terigu juga ya)
  • sdt vanilla bubuk
  • 1 sachet susu bubuk
  • 1 kotak santan kecil + air 220 ml
  • Pewarna pasta pandan secukupnya
  • 15 sdm gula pasir
  •  100 grm margarin dicairkan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN