Mohon tunggu...
Latifah Maurinta
Latifah Maurinta Mohon Tunggu... Penulis Novel

Nominee best fiction Kompasiana Awards 2019. 9 September 1997. Novel, modeling, music, medical, and psychology. Penyuka green tea dan white lily. Contact: l.maurinta.wigati@gmail.com Twitter: @Maurinta

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Menkominfo Johnny G Plate, Tolong Blokir Situs Penyedia Cerita Erotis

24 Oktober 2019   06:00 Diperbarui: 24 Oktober 2019   06:09 175 18 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menkominfo Johnny G Plate, Tolong Blokir Situs Penyedia Cerita Erotis
Johnny G Plate (Kompas.com)

Finally, periode kedua masa kepemimpinan Pak Jokowi dimulai. Menteri-menteri telah dilantik. Walaupun komposisinya agak mengecewakan, setidaknya Pak Jokowi masih memegang pucuk kepemimpinan.

Salah satu komposisi Menteri yang tak terduga adalah Menkominfo. Jabatan ini diisi seorang mantan pengusaha sawit merangkap orang partai bernama Johnny G Plate. Well, namanya menarik ya. Dan bikin penasaran. Saat Young Lady baca profilnya, ternyata beliau orangnya Nasdem. Terpilihnya beliau dalam bursa Menteri didasarkan alasan politis.

Semula, Young Lady cantik mengira jabatan Menkominfo akan diraih Wishnutama. Dugaan Young Lady meleset. Wishnutama malah menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ok. Ayo kita berpikir positif tentang Menteri baru ini. Ada tugas penting yang menunggu untuk diselesaikannya. Salah satunya, terkait situs penyedia konten erotis.

Nah, masalah seperti ini ada di ranah Pak Menteri Johnny. Situs ini macam Wattpad atau FFN (fanfiction.net). Dua situs ini memiliki keterbacaan tinggi dan sangat digemari anak muda. Ribuan cerita berbagai genre dapat diakses di sana.

Sebuah kemajuan bila budaya literasi di kalangan anak muda berkembang pesat. Terbukti dengan besarnya animo anak muda terkait hadirnya platform penyedia cerita. Minat membaca dan mengakses cerita diimbangi dengan menjamurnya cerita-cerita karya para pengguna situs penyedia cerita tersebut.

Namun, apakah selamanya kemajuan ini bermakna positif? No, sebab situs penyedia cerita erotis semacam Wattpad didominasi dengan konten dewasa yang tidak pantas. Adegan seks diceritakan secara vulgar. Romansa selangkangan diumbar lewat deskripsi yang menjijikkan.

Kalau tidak mengangkat adegan seks, penulis biasanya akan memaparkan konten kekerasan dan abusif. Lebih parah lagi, konten seks yang diceritakan tidak hanya antara lawan jenis, tetapi juga menyoroti cerita hubungan sesama jenis. Sungguh memuakkan. Sama memuakkannya seperti gejolak tulisan politik di Kompasiana.

Situs erotis semacam Wattpad sangatlah mengkhawatirkan. Kehadirannya menjadi ancaman bagi dekadensi moral anak muda Indonesia. Bukankah populasi generasi muda di Indonesia cukup banyak? Tidakkah Menkominfo Johnny G Plate mengkhawatirkan krisis moral terjadi hanya gegara mengakses cerita erotis di internet?

Fenomena hadirnya situs penyedia cerita erotis sama berbahayanya seperti ujaran kebencian beraroma SARA. Layaklah fenomena ini menjadi perhatian Pak Menteri. Kalau Pak Menteri yang baru mau sedikit saja meluangkan waktu untuk memperhatikan dan mengamati, sebuah kenyataan ironis akan didapati.

Kenyataan bahwa situs penyedia cerita erotis justru sangat 'laku' dan dilirik sejumlah penerbit besar. Aneh ya, penerbit besar justru menyayangi penulis-penulis cerita amoral.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN