Mohon tunggu...
Lastri Marito Marbun
Lastri Marito Marbun Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Lastri Marito Marbun

Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Teknologi dalam Bidang Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

20 Juni 2021   21:48 Diperbarui: 20 Juni 2021   22:08 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat ini hampir setiap negara di belahan dunia sedang dilanda wabah covid-19. Covid-19 merupakan virus yang penyebarannya sangat cepat dan juga virus yang mematikan. Untuk itu, negara-negara di dunia disibukkan dalam menetapkan berbagai kebijakan sebagai upaya dalam memutus rantai penyebaran virus corona, salah satunya negara Indonesia.

Indonesia mmenetapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB yang diberlakukan di setiap daerah. Kebijakan tersebut menjadikan adanya perubahan -perubahan besar seperti bidang ekonomi, bidang kesehatan, dan bidang pendidikan.

Dalam bidang pendidikan pemerintah melalui Kemendikbud berupaya agar pendidik dan peserta didik tetap bisa menyelenggarakan belajar mengajar meskipun dengan cara yang berbeda. Kemendikbud menetapkan peraturan bahwa pendidikan di Indonesia tetap diselenggarakan, namun dengan sistem yang berbeda yaitu study from home yang dilakukan secara daring.

Pandemi ini menyebabkan adanya perubahan-perubahan besar hampir di seluruh aspek kehidupan, salah satunya dalm sistem pendidikan. Perubahan sistem pendidikan menyebabkan para siswa sulit untuk menerima materi terlebih para siswa di jenjang sekolah dasar dan taman kanak-kanak dikarenakan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring yang pelaksanaannya tidak dapat terlepas dari pemanfaatan teknologi informasi.

Teknologi berperan sebagai media dalam melakukan interaksi antara pendidik dengan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Selain itu, teknologi juga berperan dalam memfasilitasi pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga pembelajaran tetap berlangsung meskipun tidak diakukan secara tatap muka.

Dalam pelaksanaan pembelajaran daring tentunya terdapat hambatan yang menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku pendidikan yang berkaitan dengan budya akademik meliputi; nilai, sikap, pengetahuan, keterampilan, serta kesiapan sarana dan prasarana terkait teknologi.

1.Peran Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19
Peran teknologi pendidikan di masa pandemi covid-19 yaitu:
1.Teknologi pendidikan sebagai alat pendukung desain pengetahuan
2.Teknologi pendidikan sebagai sarana informasi untuk mencari tahu pengetahuan yang mendukung peserta didik
3.Teknologi pendidikan sebagai media dalam memfasilitasi peserta didik dalam mengemukakan argumen
4.Teknologi pendidikan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran
5.Teknologi pendidikan sebagai alat bantu untuk mencapai tujuan pendidikan

2.Tantangan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19
Dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi ini tentu menghadirkan berbagai hambatan. Hambatan itulah yan menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku dalam dunia pendidikan. 

Khusus nya bagi pendidik dan peserta didik. Mengingat pelaksanaan pembelajaran daring harus tetap dilaksanakan di wabah covid-19 ini, pembelajaran daring sendiri dalam pelaksanaannya tidak dapat terlepas dari jaringan internet. Maka sudah menjadi hal yang lumrah bahwa hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini adalah akses jaringan internet yang belum merata.

Di samping itu, hambatan dalam pembelajaran daring datang dari peserta didik. Semangat peserta didik dalam proses pembelajaran daring menurun dibandingkan ketika pembelajaran tatap muka. 

Penurunan motivasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kondisi dalam pembelajaran daring yang mewajibkan peserta didik untuk belajar di rumahnya masing-masing, sehingga memaksa mereka untuk mempelajari serta memahami materi secara mandiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun