Mohon tunggu...
Mayangthika
Mayangthika Mohon Tunggu... Guru - Guru || Penulis

~ Hujan kecil penghujung November ~

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Perubahan Peran Guru Dalam Menghadapi Perubahan Generasi

18 November 2023   04:00 Diperbarui: 18 November 2023   05:15 149
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Guru adalah salah satu faktor penting dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Mereka bertindak sebagai pemberi pengetahuan, pembimbing, dan penggali potensi siswa. Namun, dalam perubahan generasi yang terjadi, peran guru juga mengalami perubahan.

Dulu, generasi sebelumnya melihat guru sebagai otoritas yang tidak bisa dipertanyakan. Guru dianggap sebagai sumber pengetahuan yang harus dihormati dan diikuti dengan tunduk. Namun, dengan perubahan generasi, siswa sekarang lebih cenderung berpikir kritis dan ingin terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Mereka ingin menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan dan merasa memiliki kebebasan untuk menyuarakan pendapat mereka. 

Oleh karena itu, guru harus lebih mengakomodasi perubahan ini dengan menerapkan metode pembelajaran yang partisipatif dan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran.

Selain itu, dengan perkembangan teknologi, generasi sekarang memiliki akses mudah ke informasi dan pengetahuan di luar lingkungan sekolah. Mereka dapat dengan mudah mencari sumber belajar alternatif melalui internet dan media sosial. Hal ini menuntut guru untuk menjadi fasilitator pembelajaran yang mampu memfasilitasi pemahaman yang lebih dalam dan penggunaan pengetahuan yang relevan dengan dunia nyata.

Namun, tidak semua perubahan generasi berdampak positif. Perkembangan teknologi juga telah menyebabkan gangguan konsentrasi siswa dan menguras waktu yang seharusnya mereka gunakan untuk belajar. Guru juga dihadapkan pada banyak tantangan dalam menghadapi masalah seperti kecanduan gadget dan kurangnya konsentrasi siswa.

Untuk menghadapi perubahan ini, guru harus terus beradaptasi dengan mengikuti perkembangan terkini dalam pendidikan dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan proses pembelajaran. Mereka juga perlu mengembangkan kemampuan interpersonal dan komunikasi yang baik untuk membangun hubungan yang baik dengan siswa.

Dalam perubahan generasi, guru juga berperan sebagai model dan figur yang menginspirasi siswa. Melalui pendidikan, guru dapat membentuk kualitas dan karakter siswa yang akan membantu mereka menghadapi perubahan dan tantangan masa depan.

Secara keseluruhan, perubahan generasi memiliki dampak yang signifikan terhadap peran dan tugas guru. Guru harus mampu mengakomodasi perubahan itu dengan menciptakan lingkungan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian generasi masa kini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun