Semarang, 15 Oktober 2025 --- Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Slawi, Edi Kuhen, bersama jajaran Pejabat Tata Usaha, menghadiri kegiatan Sosialisasi Opini Ombudsman Republik Indonesia: Penilaian Maladministrasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan di Oak Tree Emerald Hotel Semarang, pada Rabu, 15 Oktober 2025 pukul 08.00 WIB.
Kegiatan ini diikuti oleh Pemerintah Provinsi Jateng, Kepala Daerah dan Instansi Vertikal di Jawa Tengah yang menjadi lokus penilaian maladministrasi. Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai indikator maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik, serta memperkuat komitmen aparatur terhadap prinsip akuntabilitas, transparansi, dan integritas dalam memberikan layanan kepada masyarakat.
Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Ombudsman Wilayah Jawa Tengah, Siti Farida menekankan pentingnya peran aktif aparatur negara dalam mencegah maladministrasi dengan mengedepankan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan pelayanan publik yang berkeadilan.
Kepala Subbagian Tata Usaha Lapas Kelas IIB Slawi, Adi Purnama, menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi momentum penting untuk memperkuat budaya pelayanan yang berintegritas di lingkungan Lapas.
"Melalui sosialisasi ini, kami semakin memahami bagaimana setiap proses administrasi harus berjalan secara transparan, akuntabel, dan berorientasi pada kepuasan masyarakat. Ini menjadi pengingat bagi kami untuk terus berbenah dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas," ujar Adi Purnama.
Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Slawi, Edi Kuhen, menegaskan pentingnya sinergi antar unit kerja di lingkungan Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan dalam mewujudkan pelayanan publik yang bebas dari maladministrasi.
"Kegiatan ini menjadi penguatan bagi kami di jajaran pemasyarakatan untuk memastikan setiap bentuk layanan, baik administrasi maupun pembinaan, berjalan sesuai prinsip profesionalitas dan integritas," ungkap Edi Kuhen.
Kegiatan berlangsung dengan lancar dan interaktif, ditutup dengan sesi tanya jawab dan komitmen bersama untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan publik serta mencegah terjadinya praktik maladministrasi di seluruh satuan kerja Kemenimipas Jawa Tengah
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI