Lanny Wijaya
Lanny Wijaya Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

hobi nyanyi tapi selera lagu sesuai mood :)

Diary

Ke Rumah Si Pitung bersama Murid XA Tri Ratna

6 Mei 2024   01:35 Diperbarui: 6 Mei 2024   02:19 99
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Pada hari Jumat tanggal 26 April 2024 saya bersama teman-teman dari kelas XA Tri Ratna berkunjung ke Museum Kebaharian Jakarta Rumah Si Pitung. Kami berangkat pukul 7.00 pagi ke stasiun Jakarta Kota dan berhenti di stasiun Tanjung Priok, dan kita lanjut menggunakan minitrans dari terminal Tanjung Priok dan berhenti di Jalan cilincing. Kami berjalan masuk ke arah rumah si pitung di karenakan minitrans tidak mempunyai rute kedalam, sesekali kita berkunjung kewarung terdekat untuk membeli makan atau minum untuk sarapan.

Setibanya disana kami bersiap-siap untuk masuk kedalam rumah si pitung sembari mendengarkan penjelasan dari tour guide. Sedikit informasi yang akan saya tulis bahwa rumah si pitung ini ternyata bukan lah rumah kepemilikan pitung sendiri, namun ini adalah tempat persembunyian pitung dari tentara belanda. Di dalam rumah terdapat ruang tamu berukuran kira-kira 2 x 2,5 meter, kamar tidur berserta kasurnya, ruang makan, dan dapur yang mengarah ke beranda belakang. dan di beranda belakanglah tempat si pitung melarikan diri saat keberadaannya sudah diketahui tentara belanda.

Selesai menelusuri rumah si pitung, Saya dan teman-teman mulai bermain kami memainkan macam-macam permainan tradisional. Juga bertujuan untuk mengenang masa kecil kami semua, dimulai dari bermain bentengan, egrang batok, tali karet, egrang bambu dan kelereng. Senang rasanya bisa merasakan hal seperti ini lagi walau sayangnya natahari yang terlalu panas membuat kegiatan kamk menjadi sedikit terbatas. Kegiatan ini lah yang membantu kami untuk membangun hubungan yang lebih erat antar teman maupun guru-guru.

Waktu menunjukan pukul 13.00 waktunya kita semua pulang. Saya, Teman-teman, dan Guru-guru bersiap untuk pulang. Tidak lupa sebelum pulang kami semua mengambil beberapa foto untuk kenangan. Lalu kami berjalan kaki ke tempat bus akan menjemput kami, Sembari berjalan kita kembali mengunjungi warung-warung yang buka untuk membeli cemilan dan lanjut berjalan ketempat yang kita tuju. Walaupun ada sedikit keterlambatan saat menunggu bus datang kami tetap sabar menunggu, dan di kesempatan ini pula kami semua menghabiskan waktu dengan berbincang.

Setibanya di bus beberapa dari kami tertidur akibat terlalu letih, syukurlah ada sedikit waktu kami untuk beristirahat. Kami turun di terminal tanjung priok, berjalan sedikit ke stasiun tanjung priok dan transit ke stasiun Jakarta kota. setelah itu kami pun berpencar pulang kerumah masing-masinh tidak lupa juga untuk kami berpamitan dengan guru-guru yang sudah membimbing kami.

Itulah sedikit cerita saya mengenai outing class bersama guru-guru dan murid-murid dari XA. Semoga kalian menyukainya.