Mohon tunggu...
Lanjar Wahyudi
Lanjar Wahyudi Mohon Tunggu... Cepat menulis, lambat berkata-kata.....wkwkwkwk...

Didalam menulis ada proses berpikir, merenung, dan memutuskan sebuah gagasan. Itulah asyiknya menulis. Bisa hubungi saya di lanzarw@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Lagu Daerah Ngehits di Kalangan Milenial, Lanjutkan ke Internasional.

7 September 2019   22:06 Diperbarui: 12 September 2019   20:29 0 3 1 Mohon Tunggu...
Lagu Daerah Ngehits di Kalangan Milenial, Lanjutkan ke Internasional.
ilustrasi konser musik (sumber:liputan6.com)

Anak muda jaman sekarang sudah bosan dengan lagu ber-genre jazz, K-Pop, dan rock . Mereka lebih suka lagu-lagu yang engga mainstream. (Diah, gen millenial)


Salam Ambyar...

Sebuah video klip dari seorang teman, cukup membuat saya terheran-heran. Seorang  musisi muda  memainkan gitar klasik di salah satu cafe di  alun-alun utara Kraton Jogja. Di sekitarnya banyak anak muda yang nampaknya adalah para mahasiswa asyik menikmati lagu yang dilantunkan musisi ini.

Yang membuat saya heran, bahwa lagu ini adalah lagu Jawa yang sudah pernah populer 20 tahun lalu dengan genre campursari atau dangdut, dinyanyikan oleh artis dan seniman campur sari daerah bernama Didi Kempot. Hebatnya musisi muda ini meng-cover lagu old  dengan sangat bagus, slow dan merasuk ke hati.  

Ketika berselancar di kanal YouTube, saya menemukan hal yang sama, dikampus terkemuka UGM ratusan Mahasiswa menikmati bernyanyi bersama dengan kompak, bahkan ada lho yang histeris. Dan banyak saya temui pula milenial yang meng-cover lagu Mas Didi dengan bagus, dan mendapatkan like dan subscriber ribuan.

Seniman campursari Didi Kempot memang terkenal dengan lagu-lagunya yang melo, bagi sebagian  besar masyarakat etnis Jawa nama ini sangat familiar, termasuk dikalangan rakyat Republik Suriname dari etnis Jawa yang sudah ratusan tahun mendiami koloni Belanda di Amerika Latin itu. Lagu-lagu tempo dulu yang sekarang nge-hits lagi misalnya Kalung Emas, Cidro, Pamer Bojo, Korban Janji dan Banyu Langit.

Pertanyaan saya adalah, mengapa para millenial menyukai lagu-lagu melo Mas Didi yang sebenarnya adalah lagu-lagu jaman old?

Memuaskan rasa penasaran, saya coba bertanya ke beberapa Millenial Generasi Jaman Now yang rata-rata mahasiswa di Kota Pelajar ini, mereka lahir di kisaran tahun 2000an.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x