Mohon tunggu...
Irma Tri Handayani
Irma Tri Handayani Mohon Tunggu... Ibunya Lalaki Langit,Miyuni Kembang, dan Satria Wicaksana

Ibunya Lalaki Langit ,Miyuni Kembang,dan Satria Wicaksana serta Seorang Penulis berdaster

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Artikel Utama

Mengenal Asam Basa Brosnsted Lowry, Lewis, dan Arrhenius

31 Maret 2021   15:11 Diperbarui: 7 April 2021   02:30 362 7 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Asam Basa Brosnsted Lowry, Lewis, dan Arrhenius
Ikustrasi contoh asam basa. Foto:irma Tri Handayani

Yang masuk jurusan IPA pasti ingat bahasan asam basa. Sekali lagi "ingat " ya bukan paham hehehe, ga hina kok kalo ngaku ga ngerti pas bahasan ini karena memang lumayan bikin kepala tuing-tuing.

Asam basa sebenarnya sudah dikenal semenjak zaman dahulu kala. Asam dicomot dari bahasa Latin yaitu acetum yang artinya cuka. Sementara basa (alkali) diambil dari bahasa arab yang artinya abu.

Seperti halnya segala hal di bumi ini yang selalu berpasangan, ada siang ada malam,ada hitam ada putih,aku yang nulis kamu yang baca, ada asam ada basa. Kedua zat ini memiliki sifat berlawanan.

Secara fisik asam dikenal lewat rasanya yang memang terasa asam di lidah dan korosif alias mampu merusak logam. Sementara basa berasa agak pahit dan licin seperti sabun .

Tapi jangan coba-coba dicicipi ya bisa bahaya. Kasus penyiraman air keras yang mampu merusak wajah membuktikan betapa berbahayanya asam. Ada cara lain untuk mengecek asam atau basa.

Nah, kita coba kupas asam basa berdasarkan 3 teori

Pertama Teori Bronsted Lowry

Kata Mbah Bronsted, asam adalah senyawa yang memiliki H lebih banyak dari pada basa,atau asam itu senyawa yang kaya dengan H. 

Karena H identik dengan proton,jadi kalau zat itu asam maka dia akan memberikan protonnya atau dikenal dengan donor proton

Sementara Basa adalah senyawa yang memiliki H lebih sedikit atau lebih miskin H dari asam. Karena dia kekurangan proton maka dia akan menerima proton dari asam atau akseptor proton.

Bronsted lowry mengisyaratkan bahwa asam dan basa dalam suatu reaksi akan menjadi pasangan jika kedua zatnya mirip.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x