Mohon tunggu...
langgeng ikhtiar pribadi
langgeng ikhtiar pribadi Mohon Tunggu... Lainnya - S1-Manajeman.

Suka menulis, kalau suka kamu nanti ditinggal.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Penggunaan Gadget Pada Anak-Anak: Dampak Positif dan Negatif

15 Februari 2023   13:30 Diperbarui: 15 Februari 2023   13:30 336
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penggunaan Gadget Pada Anak-Anak: Dampak Positif dan Negatif (Pixabay)

Gadget saat ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia modern, bahkan pada anak-anak. Banyak orangtua membiarkan anaknya menggunakan gadget untuk berbagai keperluan, mulai dari bermain game, menonton video, hingga belajar. Penggunaan gadget pada anak-anak memang memberikan dampak positif, tetapi juga sejumlah dampak negatif yang perlu diperhatikan.

Dampak Positif Penggunaan Gadget pada Anak-Anak

Penggunaan gadget pada anak-anak dapat memberikan dampak positif pada perkembangan anak. Berikut beberapa di antaranya:

  • Meningkatkan Kreativitas dan Imajinasi

Anak-anak dapat menggunakan gadget untuk menggambar, mewarnai, dan membuat video. Kegiatan-kegiatan ini dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak-anak.

  • Memperluas Pengetahuan

Anak-anak dapat mengakses informasi dan pengetahuan yang lebih luas melalui gadget. Dengan bantuan gadget, anak-anak dapat membaca buku digital, menonton video edukatif, dan berinteraksi dengan anak-anak dari belahan dunia lain.

  • Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Beberapa aplikasi pada gadget, seperti puzzle dan permainan memori, dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak-anak. Selain itu, anak-anak juga dapat belajar mengatur waktu, memecahkan masalah, dan meningkatkan kemampuan logika.
Dampak Negatif Penggunaan Gadget pada Anak-Anak

Meski penggunaan gadget pada anak-anak memberikan dampak positif, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ada pula dampak negatif yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Menurunkan Kemampuan Sosial

Anak-anak yang terlalu sering menggunakan gadget cenderung kurang berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Hal ini dapat menurunkan kemampuan sosial anak-anak dan membuat mereka lebih sulit bergaul dengan orang lain.

  • Berdampak pada Kesehatan

Penggunaan gadget yang berlebihan dapat berdampak pada kesehatan anak-anak. Anak-anak cenderung kurang bergerak dan menghabiskan waktu yang terlalu lama dalam posisi duduk. Selain itu, cahaya biru yang dipancarkan oleh gadget juga dapat berdampak negatif pada kesehatan mata anak-anak.


  • Menurunkan Kemampuan Belajar

Meski ada aplikasi dan video edukatif pada gadget, terlalu sering menggunakan gadget juga dapat menurunkan kemampuan belajar anak-anak. Anak-anak cenderung menjadi kurang fokus dan sulit berkonsentrasi, sehingga dapat menurunkan kemampuan belajar mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun