Mohon tunggu...
Lamhot Situmorang
Lamhot Situmorang Mohon Tunggu... Petani - Freelancer

Seorang petani yang menyukai menulis disaat waktu senggang

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

PSSI Jangan Lengah Meskipun FIFA Tidak Menjatuhkan Sanksi, Ada Tugas Berat Harus Dibenahi

8 Oktober 2022   22:21 Diperbarui: 8 Oktober 2022   22:49 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Presiden FIFA menyatakan tidak akan memberikan sanksi apapun terhadap PSSI | (foto:kompas.com)

Meskipun FIFA tidak menjatuhkan sanksi terhadap PSSI akibat tragedi Kanjuruhan yang beberapa Minggu lalu, bukan berarti PSSI dapat bernafas lega.

Justru saat ini PSSI harus sesegera mungkin melakukan evaluasi terhadap persepakbolaan terkait peraturan tata tertib penonton dan sistem pengamanan huru-hara di dalam stadion.

Sebelum melanjutkan pertandingan liga domestik, pihak penyelenggara liga dan PSSI harus secepatnya melakukan aturan baru terkait tata tertib suporter di dalam stadion dan memaparkan teknis penanganan keamanan untuk mencegah kerusuhan.

Tujuannya adalah untuk memberikan rasa nyaman bagi penonton maupun pendukung kedua tim, karena sejauh ini masih ada rasa takut masyarakat untuk menyaksikan pertandingan sepak bola secara langsung.

1. Mekanisme pengamanan

Kunci keberhasilan suatu acara atau pertandingan adalah keamanan, jika terjadi keteledoran maka yang akan terjadi adalah kerusuhan.

PSSI harus mencetuskan larangan penggunaan gas air mata di bangku tribun penonton, dalam artian pihak pengamanan tidak diperbolehkan menembakkan gas air mata ke arah bangku penonton meskipun sedang kacau.

Water Cannon sepertinya lebih efektif untuk membubarkan kerumunan, meskipun ada rasa sakit setidaknya tidak akan menganggu mata, hidung dan sistem pernafasan dengan begitu lama.

Pihak keamanan juga harus dibekali mental baja agar tidak mudah terprovokasi hingga melakukan kekerasan dalam penghadangan massa, meskipun demikian saya sangat yakin bila tidak akan ada lagi kejadian seperti tragedi Kanjuruhan.

2. Perlunya ada penjaga pintu stadion yang stanby

Meskipun dirasa tidak penting, namun bila berkaca dari tragedi Kanjuruhan. PSSI harus mewajibkan setiap stadion harus memiliki penjaga pintu yang stanby, tujuannya adalah agar mempermudah akses keluar dari stadion jika ada konflik maupun bencana alam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun