Mohon tunggu...
Lamhot Situmorang
Lamhot Situmorang Mohon Tunggu... Petani - Freelancer

Penulis tanpa tinta

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Apa yang Salah dengan Formasi Shin Tae-yong sehingga Indonesia Kalah dari Afganistan

17 November 2021   15:17 Diperbarui: 17 November 2021   15:21 151 7 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto Shin Tae-yong memberikan arahan saat latihan | (dok. pssi.org) 

Kekalahan Indonesia di laga persahabatan dengan Afganistan ini dikarenakan hilangnya ritme permainan. Jika melihat cara main Indonesia dilapangan sebenarnya sudah sangat memuaska, dimana Indonesia mampu meredam beberapa kali serangan Afganistan.

Mungkin kekalahan ini disebabkan pergantian lini belakang yang dilakukan pelatih Shin Tae-yong yang mengakibatkan ritme permainan timnas Garuda mulai hilang chemistry-nya.

Jadi, menurut saya kekalahan ini hanya di salah pergantian pemain saja, dari awal babak hingga menit ke-70 sebenarnya pertahanan Indonesia cukup solid.

Pergantian gelandang Eggi Maulana Vikri dan Evan Dimas adalah kesalahan menurut saya, setelah keluarnya kedua pilar Indonesia ini membuat pelatih Afganistan "Dastgir" tersenyum lebar karena boomber dari timnas Indonesia sudah di istirahatkan.

Ditambah lagi pergantian Elkan Baggott yang membuat pertahanan Indonesia melemah sedikit. Dengan pergantian beberapa pilar Garuda ini ternyata dimanfaatkan baik oleh Afganistan.

Dimana hal tersebut kemudian dimanfaatkan pelatih Afganistan untuk melakukan pergantian kedua beknya  dan memasukkan dua amunisi lini depan yang baru, tujuannya adalah agar daya gempur tim asuhan Dastgir semakin ampuh.

Pada menit ke-77 Dastgir langsung menarik beknya yang bernomor punggung 5 (Najem) dan menggantinya dengan gelandang bernomor punggung 14 (Kouhyar). Setelah itu ia juga mengganti Haidary yang berposisi sebagai bek sayap dan menggantinya dengan penyerang Omid Popalzay.

Dan pergantian yang dilakukan pelatih Afganistan terbukti efektif dimana pemain pengganti Omid Popalzay berhasil merobek gawang Indonesia yang dijaga oleh  Riyandi pada menit ke-85.

Kekalahan ini membuat pelatih Shin Tae-yong tidak puas dengan hasil kerja tim Indonesia setelah tumbang 0-1 dari Afghanistan dalam pertandingan persahabatan yang di gelar pada 16 November di Gloria Sports Arena, Turki.

Meskipun hanya pertandingan persahabatan, pelatih Shin Tae-yong mengaku sudah meluncurkan skuat utama yang bertujuan meraih kemenangan untuk memperbaiki posisi Indonesia di peringkat FIFA. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan