Mohon tunggu...
Lamhot Situmorang
Lamhot Situmorang Mohon Tunggu... www.lamhotsitumorang.my.id

Una in Perpetuum

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Manfaat Hidroterapi bagi Kesehatan, Apa Saja Itu?

28 Februari 2021   22:57 Diperbarui: 28 Februari 2021   23:34 109 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Hidroterapi bagi Kesehatan, Apa Saja Itu?
Gambar ilustrasi Hidroterapi (pexels.com/Roadne)

Menderita rematik adalah sesuatu yang umum dialami bagi banyak orang, namun harus dikatakan jika ketika kita berbicara tentang penyakit rematik dalam kasus yang sama maka, akan mengacu pada rasa sakit dan gangguan pada tulang, persendian atau otot.

Pada kenyataannya, di balik terminologi ini terdapat berbagai patologi penting yang berasal dari reaksi abnormal sistem kekebalan tubuh atau keadaan inflamasi tanpa produksi auto antibodi tertentu. Salah satu perawatan yang sedang diminati orang dan sudah tidak diragukan lagi ke efektifan dari hidroterapi.

Hidroterapi merupakan bagian dari pengobatan alternatif yang memanfaatkan cairan tubuh. Asal muasal praktik ini berasal dari masa lalu orang Yunani, praktikhidroterapi ini didasarkan pada rangsangan termal, kimiawi.

Di masa lalu, orang Yunani telah mempelajari dan memperdalam konsep penggunaan air (keringat) pada tubuh manusia untuk tujuan terapeutik. Tapi apa yang terjadi? Dengan pergantian air dingin dan panas dalam tubuh maka sirkulasi darah dapat terangsang dengan baik. Dan pada kenyataannya keringat yang keluar dari tubuh dapat mengurangi peradangan dan darah tersumbat akibat lemak dan dapat juga mengurangi ketegangan otot, meningkatkan keringat keluar bertujuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Ada beberapa teknis penggunaan hidroterapi, dan semua tergantung pada ruang dan kebutuhan penderita rematik atau penyakit lainnya. Tingkat keamanan dan kenyamanan sangat penting untuk diperhatikan, tapi harus hati-hati karena tidak semua orang bisa menjalani hidroterapi karena sangat tidak dianjurkan bagi penderita tekanan darah tinggi dan penderita jantung.

Usia lanjut juga tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada persendian atau bahasa medisnya osteoartritis. Osteoartritis merupakan gangguan penyakit yang menyebabkan nyeri pada persendian akibat tulang rawan terkikis atau juga karena menutupi tulang pada titik di mana ia bergabung dengan ruas tulang lainnya, terutama di tempat yang menopang beban tubuh kita seperti dengkul dan pinggang.

Osteoartritis jelas karena faktor usia lanjut, tetapi di sini juga ada perbedaan yang harus diperhatikan, karena dalam bahasa umum sering diartikan "arthrosis" kemudian disalahartikan sebagai "arthritis" yang malah ditandai dengan penyakit sistemik dan inflamasi. Kesalahan lain yang sering dilakukan adalah berpikir bahwa dengan berlatih beban berat yang berlebihan dapat merusak tulang kita, justru ini sangat keliru semakin sering kita menopang beban berat umumnya persendian tulang akan semakin kuat.

Sakit tulang lebih umum pada persendian bukan pada tulangnya karena persediaan merupakan jaringan yang aktif secara biologis karena sering bergerak-gerak.

Hidroterapi juga digunakan untuk perawatan lain.

Besarnya dampak positif hidroterapi pada tubuh kita yang juga dilakukan untuk pengobatan alternatif antara lain; untuk wasir, radang, bengkak, bisul, gelisah, stres dan impotensi seksual. Ada banyak teknik yang digunakan seperti, mandi langsung dibawa pancuran air, sauna, mandi uap, dan pijat dengan es.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x