Mohon tunggu...
Syasya_mama
Syasya_mama Mohon Tunggu... Wiraswasta

Ibu 2 Putri, Indonesia - Korea 가는 말이 고와야 오는 말이 곱다 (Jika kata yang keluar baik, kata yang akan datang pun akan baik )

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Lagu Ibyeolui Busan Jeong Geojang untuk Anda yang Bekerja Keras Hari Ini

9 November 2019   00:32 Diperbarui: 9 November 2019   00:39 0 7 4 Mohon Tunggu...

Paksu (Pak Suami) hobby banget nyanyi karokean dan saya akui suaranya emang bikin kelepek klepek. Saya bisa tiba-tiba meneteskan air mata saat ia nyanyi walaupun saya gak tau artinya. Saya juga suka senyum senyum sendiri bahkan joget joget gak karuan sama anak anak ketika yang ia nyanyikan lagu riang gembira. 

Tapi paksu gak pernah nyanyi lagu lagu yang dinyanyiin BTS, Black pink ataupun Twice... selain karena bukan usianya ia juga tidak terlalu menyukainya. Maaf para army jangan marah ya?

Lagu yang dinyanyikan paksu adalah lagu lagu jadul alias tembang kenangannya Korea. Sementara satu satunya lagu Indonesia yang ia suka adalah lagu stasiun balapan miliki Didi Kempot. 

Pernah suatu kali karena mau menghadiri pernikahan saudara di Indonesia ia sampai bela belain menghafal lagunya. Dan hasilnya bisa bikin kami ngekek ketawa guling guling karena speeling bahasa jawabnya yang kacau balau ^_^. Walaupun begitu kami sangat terhibur suaranya. 

Paksu pernah bicara bahwa di Korea juga ada loh lagu seperti stasiun balapan namanya Ibyeolui Busan Jeong Geojang kalau diartikan sih Stasiun perpisahan Busan. Saat menemani paksu ke norebang (tempat karokean) ini saya suka meneteskan air mata ketika paksu menyanyikan lagu ini. 

Aslinya saya gak tau artinya namun kebetulan paksu baru aja cerita bahwa lagu Ibyeolui Busa Jeong Geojang merupakan lagu yang menceritakan keadaan dijaman setelah perang dua Korea terhenti.

Jaman perang dahulu banyak orang orang yang pergi mengungsi ke Busan. Karena Busan adalah lokasi akhir menyelamatkan diri dari perang. 

Banyak orang yang menjalani hidup di Busan jauh dari kampung halaman selama perang berlangsung bahkan saat mengungsi tak jarang harus berpisah dari sanak saudara dan mungkin saja tewas ditengah jalan.

Menurut cerita paksu 3 dari 10 orang yang coba menyelamatkan diri mengungsi ke busan adalah orang yang selamat. Kisah pilu yang menyayat hati, sungguh perang sangat kejam apalagi perang saudara.

Lagu Ibyeolui Busan Jeong Geojang diciptakan 1953 dan dibuat piringan hitam ditahun 1954. Lagu yang mengisahkan perpisahan di stasiun terakhir Korea yaitu Busan. 


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x