Mohon tunggu...
Ucum Lailatul Rohmadona
Ucum Lailatul Rohmadona Mohon Tunggu... Mahasiswa

let's play!

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

"Te... Sate" Yok Belajer Bahasa Madura

26 Mei 2020   13:01 Diperbarui: 29 Mei 2020   17:58 150 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Te... Sate" Yok Belajer Bahasa Madura
sumber : nasional.tempo.co

Madura adalah suatu daerah kepulauan kecil yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur. Madura terhubung dengan Surabaya menggunakan jembatan yang disebut jembatan Suramadu, di mana jembatan itu pula yang menjadi pintu akses masuk ke Pulau Madura jika berasal dari luar Madura. Masyarakat Madura selain tinggal di Pulau Madura, juga tersebar di bagian timur Jawa Timur, salah satunya adalah Malang.

Walaupun Madura itu kepulauan kecil, tapi di sana memiliki banyak kebudayaan, seperti salah satunya Karapan Sapi, di Madura juga terkenal dengan penjual satenya, katanya sate Madura itu enak, mungkin karena bumbu kacangnya yang kental juga bumbu tambahan lainnya yang menjadi andalan setiap penjual sate dari Madura. 

Eits, tapi di sini sekarang bukan akan membahas tentang sate Madura, atau warung sate mana yang jadi langgang banyak orang, kita akan membahas tentang bahasa daerah yang sudah menjadi ciri khas dari orang Madura itu sendiri.

Bahasa daerah Madura adalah salah satu bahasa daerah yang unik karena pelapalannya yang kalau orang dengar mungkin sedikit lucu. Bersumber langsung dari Mbah dan Ayah saya, karena keduanya bisa bahasa Madura,

Berikut adalah contoh kalimat dari bahasa Madura yang bisa kita pelajari untuk sehari-hari :

Kalau mau kenalan sama orang yang baru ketemu :
Nyamanah kakeh sapa? =  Siapa namanya?
Nyamanah sengko Dita = nama saya Dita
Didimah = dari mana?
Sengko deri Malang = saya dari Malang
Tar kemah = mau kemana?


Arti perkata :
Nyamah = nama
Kakeh = kamu
Sengko = saya
Deri = dari
Oreng = orang


Belajar berhitung dengan bahasa Madura :
Setong = satu
Duwe = dua
Telo = tiga
Empak = empat
Lema = lima
Enem = enam
Peto = tujuh
Belu = delapan
Sangak = Sembilan
Sepoloh = sepuluh

Nah gimana belajar Bahasa Madura nya? Mungkin itu hanya sebagian yang bisa dipelajari. Karena begitu banyak kosakata yang takutnya nanti menjadi rancu kalau dibaca, jadi segitu saja dulu, hehe.

Jangan hanya tahu kalau orang Madura penjual sate sambil teriak “te… sate!”. Coba pelajari bahasanya, kali aja setelah baca artikel ini jadi mau pergi ke Sumenep liburan ke Pantai Lombang atau ke Keraton Sumenep. Limayan kan cuci mata.

Terima kasih, matorkasohon sudah mau baca artikel ini, jika ada salah mohon dimaafkan, semoga bermanfaat.

VIDEO PILIHAN