Mohon tunggu...
Laila Nurjannah
Laila Nurjannah Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis Pemula

Bila masa mudamu penuh rintangan dan perjuangan akan semakin banyak bekal untuk masa depanmu

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Belanja Dijamin Aman dan Praktis Bersama Shopping Payment Request Uangku

22 Desember 2016   23:15 Diperbarui: 22 Desember 2016   23:28 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Orang Indonesia memang terkenal akan karya – karya yang kreatif dan unik. Mulai muncul berbagai produk kreatif asli Indonesia dengan kualitas yang mendunia. Adanya internet, sangat membantu para pengusaha atau para pengrajin di Indonesia untuk mempromosikan hasil karyanya secara online atau biasa disebut dengan online shop.

Online shop di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Beberapa tahun terkahir, jumlah online shop yang ada di Indonesia sudah mencapai ratusan bahkan ribuan. Belanja online semakin digemari oleh masyarakat, mulai dari kalangan remaja hingga orang dewasa. Adanya online shop tentu sangat membantu pembeli, terutama bagi kamu yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berbelanja di mall atau di pasar. Pengiriman yang mudah serta harga yang terjangkau, menjadikan online shop sebagai media favorit masyarakat untuk berbelanja.

Adanya online shop sangat menguntungkan pihak penjual dan pembeli. Melalui sosial media seperti instagram, twitter, line, facebook dan lainnya, para penjual dapat mempromosikan produknya. Para pembeli dengan mudah membeli barang yang dibutuhkan tanpa harus pergi ke pasar atau mengantri di toko. Berbekal saling percaya, transaksi antara penjual dan pembeli pun terjadi. Pembeli cukup mentransfer uang sejumlah harga barang dan penjual akan mengirim barang yang diinginkan pembeli.

Tidak semua online shop yang ada di Indonesia berlaku jujur atau terpercaya. Masih ada beberapa online shop yang berlaku curang dan cenderung menipu konsumen. Misalnya pembeli telah mentransfer uang kepada pihak penjual, namun barang tak kunjung datang. Teman saya pernah mengalami kejadian buruk ketika berbelanja secara online. Kejadian itu terjadi sekitar dua tahun yang lalu. Teman saya ingin membeli kaos di sebuah online shop via Black Berry Mesangger (BBM).

 Kaos yang ditawarkan sangat murah dan terlihat sangat bagus di foto. Ada sekitar 5 orang dari teman saya yang memesan di online shop tersebut. Uang dijadikan satu lalu ditransfer ke rekening penjual. Seminggu kemudian, barang yang dipesan tak kunjung datang. Yang lebih mengejutkannya lagi, si penjual justru menghapus kontak teman – teman saya. Walaupun tidak seberapa, teman – teman saya merasa kecewa karena telah ditipu. Karena kami masih pelajar, uang tersebut tentu sangat berarti, apalagi uang itu berasal dari uang saku yang disisihkan setiap hari. Hal ini tentu menjadi pelajaran untuk saya dan teman – teman saya agar lebih berhati – hati dalam memilih online shop yang ada.

Adanya modus penipuan berkedok online shop, tentu sangat merugikan konsumen. Menurut hasil survey dari Kapersky Lab dan B2B International, 26% konsumen Indonesia adalah korban penipuan online. Jika uang sudah ditransfer ke rekening penjual dan barang tidak dikirim, otomatis uang tidak akan kembali. Untuk itu, para konsumen dituntut hati – hati dan harus jeli dalam memilih online shop yang ada. Masyarakat Indonesia harus menjadi konsumen yang cerdas dengan memilih online shop terpercaya.

Buat kamu yang ingin berbelanja online, namun masih ragu – ragu karena takut di tipu oleh penjual??. Nggak perlu khawatir, karena UANGKU telah menyediakan fitur Payment Request UANGKU menjamin kemanan kamu saat berbelanja online. UANGKU adalah sebuah mobile wallet yang dapat kamu gunakan untuk membayar transaksi belanja online kamu di sosial media, chatting, dan lain – lain. Pembayaran yang telah kamu lakukan akan disimpan oleh UANGKU dan akan diterima oleh penjual ketika barang yang di pesan sudah sampai ke tanganmu. Jika barang tidak kunjung dikirim, maka uang tersebut 100% akan kembali kepadamu. Dengan begitu, kamu dipastikan tidak akan ditipu saat berbelanja secara online.

UANGKU diterbitkan oleh PT Smartfren Telecom dan telah berlisensi resmi Bank Indonesia. Shopping Payment Request UANGKU sangat membantu kamu dalam berbelanja. Apa saja  keuntungan Shopping Payment Request dari UANGKU?? Berikut keuntungan yang kamu peroleh ketika menggunakan UANGKU untuk membayar transaksi belanja online :

  • Terhindar dari Penipuan : setiap pembayaran yang kamu lakukan melalui UANGKU akan dijamin keamanannya. Melalui Buyer Protection, dana pembayaranmu akan dikembalikan 100% jika penjual tidak mengirimkan barang yang kamu pesan.
  • Proses Lebih Cepat dan Mudah : cukup berikan nomor handphone kamu ke penjual dan bayar sesuai jumlah dari aplikasi UANGKU di smartphone kamu. Gak perlu kirim bukti transfer atau konfirmasi ke penjual lagi. Kamu juga akan dikirimkan notifikasi ketika penjual sudah mengirimkan pesanan. Wah, pastinya lebih praktis dan nggak ribet yaa.
  • Belanja dari Mana Saja : gunakan UANGKU untuk belanja dari penjual mana saja di sosial media, chatting, iklan baris, dan lain – lain. Cukup infokan kamu ingin membayar dengan UANGKU.
  • Gratis Ongkir Via PopBox : nikmati promo gratis ongkos kirim s/d 3 kg untuk pengiriman ke seluruh loker PopBox di Jabodetabek. Bayar dengan UANGKU, pilih lokasi loker PopBox terdekat, dan ambil pesananmu di loker PopBox sehari setelah pengiriman.
  • Hidup Lebih Praktis : selain untuk pembayaran belanja, kamu juga bisa menggunakan UANGKU untuk pembelian pulsa, pembayaran tagihan, pembayaran di restoran, toko dan juga transfer uang ke teman dan keluarga. Hidup menjadi lebih praktis dengan smartphone kamu untuk semua transaksi.

So, buat kamu penggila belanja online ataupun pemula yang masih ragu – ragu karena takut di tipu online shop curang, langsung saja gunakan fitur Shopping Request Payment dari UANGKU. Berikut 4 cara menggunakan Payment Request UANGKU :

Melalui ATM (Real-Time)

  • Masukkan kartu ATM kamu
  • Masukkan PIN ATM kamu
  • Pilih menu transfer
  • Masukan kode bank 153 (Bank Sinarmas)
  • Masukkan virtual account sebagai rekening tujuan. (contoh: 8881088123xxxx)
  • Masukkan jumlah yang ingin ditop up sesuai dengan request pembayaran
  • Pembayaran berhasil dilakukan dan penjual akan menerima konfirmasi pembayaran kamu secara otomatis.

Melalui Mobile Bangking / Internet Banking

  • Log in di mobile banking kamu
  • Masukkan PIN mobile banking kamu
  • Pilih menu transfer
  • Masukan kode bank 153 (Bank Sinarmas)
  • Masukkan virtual account sebagai rekening tujuan.
  • Masukkan jumlah yang ingin ditop up sesuai dengan request pembayaran
  • Pembayaran berhasil dilakukan dan penjual akan menerima konfirmasi pembayaran kamu secara otomatis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun