Mohon tunggu...
Laila Miftakhul Atikhah
Laila Miftakhul Atikhah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Edutainment Menggunakan Media Pembelajaran Papan Aktivitas Gotong Royong Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Ketangi, Purwodadi, Purworejo

16 Mei 2024   20:42 Diperbarui: 16 Mei 2024   20:46 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Puji Syukur kepada Tuhan YME yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas dan melaksanakan simulasi pembelajaran edutainment menggunakan media pembelajaran ini pada siswa SD guna memenuhi tugas mata kuliah Edutainment Skill.

Simulasi pembelajaran edutainment telah dilaksanakan di SD Negeri Ketangi, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo pada tanggal 24 April 2024. Simulasi tersebut melibatkan siswa kelas 1 dengan jumlah 11 anak pada mata pelajaran PKN materi gotong royong. Pembelajaran ini menggunakan 3 metode yaitu lagu pembelajaran gotong royong di lingkungan sekitar, media pembelajaran papan aktivitas gotong royong, dan game ice breaking yang mengajarkan kerjasama satu sama lain. Kegiatan pembelajaran edutainment ini dilatar belakangi karena kurang variatifnya guru dalam memilih metode pembelajaran sehingga siswa kurang semangat dan kurang terlibat aktif dalam pembelajaran.

Pembelajaran edutainment merupakan proses pembelajaran yang didesain dengan memadukan antara muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis sehingga aktivitas pembelajaran yang berlangsung menyenangkan. Konsep edutainment adalah suatu rangkaian pendekatan dalam pembelajaran untuk menjembatani jurang yang memisahkan antara proses mengajar dan proses belajar sehingga diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar. 

Konsep edutainment menawarkan berbagai strategi dan metode pembelajaran yang menarik, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Beberapa metode yang dapat digunakan oleh guru untuk menerapkan pembelajaran edutainment diantaranya yaitu menggunakan lagu pembelajaran, media pembelajaran,dan game pembelajaran.

Media yang digunakan pada saat simulasi ini yaitu "Papan Aktivitas Gotong Royong". Pada pelaksanaannya, guru menjelaskan terlebih dahulu apa tujuan penggunaan media ini dan n cara bermain media tersebut. Siswa dibagi menjadi 3 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 3 sampai 4 anak. Setiap kelompok maju untuk mempraktekannya secara bergantian. 


Setiap siswa mengambil beberapa gambar aktivitas yang terdapat pada amplop yang berada di bagian bawah papan. Setelah mendapat gambar aktivitas gotong royong di berbagai lingkungan (kerja bakti membersihkan got merupakan kegiatan gotong royong di lingkungan masyarakat) kemudian mencocokkan sesuai lingkungannya dengan memasukkan gambar tersebut di dalam amplop yang sesuai. Setelah selesai, kelompok tersebut mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas dan kelompok yang lain memperhatikan dengan seksama.

Gambar Pribadi 
Gambar Pribadi 

Praktik penggunaan media (gambar pribadi)
Respon siswa dan guru sangat baik. Siswa kelas 1 mengungkapkan bahwa belajar menggunakan media seperti ini sangat menyenangkan, dan tidak merasa bosan, sehingga materipun bisa tersampaikan dengan baik dan mudah dalam memahaminya. Mereka juga sangat responsive dalam pembelajaran dan dapat menjawab pertanyaan dengan baik jika diberi pertanyaan oleh guru.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran edutainment menggunakan media pembelajaran merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa sehingga siswa tidak merasa bosan dan lebih bersemangat sehingga dapat menyukai pembelajaran. Pembelajaran edutainment seperti ini dapat menarik perhatian siswa dan dapat memotivasi siswa dalam belajar sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun