Mohon tunggu...
Laeli Saadah
Laeli Saadah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 19 Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 19 Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Konvergensi Media

15 April 2021   23:52 Diperbarui: 16 April 2021   00:23 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kembali lagi bersama saya Laeli Sa'adah Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2019 Universitas Ahmad Dahlan, pada minggu ini saya kembali berbagi mengenai pengalaman saat mengakses konvergensi media (media convergence).

Selain berbagi pengalaman saya menggunakan media convergence, kali ini saya juga akan membahas mengenai : Apa saja potensi dari media convergence? Apa saja kekurangan yang masih harus diperbaiki, agar iklim media di Indonesia menjadi lebih sehat?

Konvergensi teknologi adalah istilah yang menggambarkan lapisan abstraksi yang memungkinkan berbagai teknologi beroperasi secara efisien sebagai sistem konvergen. Ini adalah saat teknologi baru dibuat dan mengambil alih dari teknologi masa lalu dan melakukan tugas yang sama dengan cara yang lebih efisien. Konvergensi teknologi adalah kombinasi komputasi, komunikasi, dan konten di sekitar platform media digital jaringan. Lebih lanjut bertujuan untuk mengubah media yang ada menjadi bentuk teknologi digital. Konvergensi teknologi adalah ketika teknologi baru diciptakan yang sebagian besar mengambil alih atau ditingkatkan dari teknologi sebelumnya dan melakukan tugas yang sama tetapi dengan cara yang lebih maju.

Konvergensi Media hanya mengacu pada penggabungan berbagai jenis media massa seperti Media Tradisional, Media Cetak, Media Siaran, Media Baru dan Internet serta teknologi portabel dan sangat interaktif melalui platform media digital. Ini menghasilkan kombinasi 3C, yaitu Komunikasi, Komputasi, dan Konten karena ketiganya terintegrasi melalui teknologi. Contoh konvergensi media yang paling relevan adalah Smartphone yang memadukan berbagai media, yaitu media cetak (e-book, aplikasi berita), media penyiaran (situs web streaming, radio, aplikasi musik) serta media baru (internet) menjadi satu perangkat yang menjalankan berbagai fungsi mulai dari panggilan dan SMS hingga fotografi, videografi, game, dan banyak lagi.

Dengan konvergensi media, penonton juga menjadi pencipta itu sendiri. Dari meme hingga postingan media sosial, konvergensi media benar-benar bermanfaat untuk mengintegrasikan audiens di tingkat global. Manfaat penting lain dari konvergensi media yaitu memperluas keterbatasan media tradisional dengan memadukannya dengan media baru, sehingga menyediakan konten instan dan terkini di tingkat internasional. Dengan konvergensi media antara media tradisional dan media baru, biaya pemasaran digital juga menjadi ekonomis sehingga membuat proses ini menguntungkan dan terjangkau.

Konvergensi media merupakan bentuk pengabungan media antara media konvensional dengan media baru. Dengan adanya konvergensi media ini kita dapat dengan mudah mengakses media yang sudah terkonvergensi dimana saja dan kapan saja bahkan kita juga dapat dengan mudah untuk mengaksesnya kembali. Saat ini sebagian besar orang -- orang pasti sudah beralih menggunakan ponsel cerdas atau smartphone. Smartphone saat ini menjadi media yang setiap hari pasti digunakan oleh kita semua karena bentuknya yang ringkas untuk dibawa kemana mana juga teknologi yang canggih dan lengkap ini juga menjadi faktor utamanya. Dalam smartphone saya dapat melakukan berbagai macam kegiatan yang dulunya perlu banyak media dalam melakukan berbagai kegiatan, namun saat ini dengan adanya smartohone justru saya bahkan kita dapat melakukan berbagai macam kegiatan hanya dengan satu media baru saja. Konvergensi media terbukti bermanfaat di era digital yang penuh dengan konten yang terus mencari perhatian kita.

Untuk saya yang suka memotret dan edit hal itu saat ini juga sudah dapat dilakukan disatu media saja yaitu handphone. Banyaknya aplikasi kamera atau pun kamera bawaan handphone juga sudah dapat memotret sesuai yang saya inginkan. Adanya aplikasi adobe lightroom mobile ini juga saat menjadi solusi yang sangat asik sekali. Lebih ringkasnya tampilan dan tools yang ada pada lightroom mobile ini juga menjadi solusi bagi saya yang kurang suka dengan banyaknya tools yang ribet.

Sekarang juga untuk membaca kita tidak selalu memerlukan buku sebagi sumbernya, saat ini membaca dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone atau laptop. Banyaknya situs dan aplikasi untuk membaca yang ada saat ini dapat mempermudah kita untuk semakin produktif dalam melakukan sesuatu atau juga mencali ilmu. Aplikasi wattpad menjadi solusi saya ketika saya ingin membaca novel cerita yang ada pada wattpad justu menurut saya banyak yang lebih bagus. Apa lagi saat ini banyak cerita yang diambil dari wattpad untuk difilmkan dan pasti kebanyakan film itu bagus dan memiliki penonton yang banyak.

Dengan adanya youtube juga yang dulunya belajar memasak hanya dapat melihat resep dan belajar di televisi atau buku maskkan saja. Saat ini saya dapat melakukan itu di youtube selain kita dapat dengan mudah juga dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja, banyaknya pilihan dalam satu masakan juga membuat kita menjadi lebih dapat menyesuaikan dengan apa yang ada dirumah. Saya dan mamah sering sekali membuat sesuatu dari resep yang didapat dari youtube. Bahkan mamah saya juga hampir setiap hari selalu melihat cara membuat sesuatu makanan di youtube.

Untuk mendengarkan musik saya biasanya menggunakan spotify yang dulunya saja jarang mendengarkan musik sekarang menjadi sering. Di spotify juga kita dapat dengan mudah menikmati dan update lagu lagu baru yang sedang menjadi trend. Tidak hanya untuk mendengarkan musik di spotify saat ini juga sudah banyak podcast baik yang bersifat hiburan, cerita kehidupan, motivasi, edukasi dan lain -- lain. saya biasanya mendengarkan podcast penghantar tidur atau cerita -- cerita kehidupan, mengulas tentang film dan topik lain yang mengedukasi. Tentunya dengan spotify saya dapat dengan mudah mengaksesnya kapan saja dan dimana saja.

Dulu televisi menjadi satu satunya tempat untuk saya menonton film dengan adanya konvergensi media ini sekarang saya dapat menonton film hanya dengan menggunakan smartphone saja. Banyak pratform yang tersedia saat ini seperti WeTV, Viu, Vidio.com dan lain -- lain ini menjadi tempat saya menonton film. Tidak hanya dapat mengakses film -- film dalam negeri saja saya juga dapat dengan mudah mengakses film luar negeri. Hanya dengan berlangganan saja sudah dapat menonton film yang saya inginkan, bahkan terkadang ada film gratis untuk yang tidak berlangganan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun