Mohon tunggu...
Rindy Dwi Ladista
Rindy Dwi Ladista Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Aku penikmat rindu, seperti candu, seakan membelenggu,perlahan membunuhku.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Nulis Yuk

25 Maret 2013   19:05 Diperbarui: 24 Juni 2015   16:13 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Selamat malam kompasiana, udah lama banget ga nulis nih. Sedih banget sebenernya karena gua belum bisa menang ngelawan mood :(

Kemaren, minggu tanggal 24 maret 2013 gua ikut Open Recruitment Forum Lingkar Pena, bekennya sih FLP. Di sana gua ketemu penulis-penulis "besar" yang buat gua terinspirasi dan termotivasi.

Salah satu narasumber yang gua lupa namanya bilang gini: "Menulis adalah pekerjaan menuju keabadian." Gua sih setuju banget. Tau ga kenapa? Karena sekalipun kita udah meninggal, karya-karya kita ga bakalan ikut hilang di dalem liang kuburan. Tulisan-tulisan kita bakal tetep dibaca orang lain. Nama kita bakal terus diinget. Itu yang buat kita tetep hidup walaupun raga kita udah menyatu sama tanah. Hmm jadi terpecut buat lanjut nulis, tapi masalah klasik penulis ya mood itulah. Kasian ya si mood, selalu jadi kambing hitam ga berdosa yang kita persalahkan karena ga mulai atau nyelesain tulisan.

Gua punya oleh-oleh dari acara FLP kemaren nih, bukan makanan, gelang, apalagi gantungan kunci hehe tapi kiat-kiat buat jadi penulis, semoga bisa bermanfaat buat gua dan bloggers yang lainnya:

1. Membaca dan membeli buku

Bang Adia bilang kalo penulis yang baik pasti juga pembaca yang baik. Penulis bisa punya banyak ide karena banyak juga yang dia baca. Buku itu investasi, jangan pelit-pelit buat beli buku dan jangan seenaknya minjemin buku karena banyak yang ga baliknya hehe.

2. Menduplikasi

Menduplikasi ini artinya bukan untuk plagiarisme loh ya, maksudnya kita ngikutin gaya penulis besar bercerita, gimana gaya penulisannya gitu.

3. Memulai Sekarang Juga

Ini wajib, kudu, harus, dan mesti dilakuin. Percuma angan-angan setinggi meteor kalo kita ga usaha buat ngewujudin. Jadi ayok mulai nulis sekarang, iya SEKARANGGG! jangan ditunda-tunda lagi, ntar malah kebiasaan ninggalin dunia tulis menulis. Buktiin kalo kita bisa naklukin rasa males!

4. Menulis Setiap Hari di Blog

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun