Mohon tunggu...
Verica
Verica Mohon Tunggu... Asisten Pribadi - Penulis

Senang membuat cerpen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Dampak Negatif Musim Kemarau Untuk Bidang Pertanian

14 Oktober 2023   07:43 Diperbarui: 14 Oktober 2023   07:50 272
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Main keluar rumah untuk saat ini agak sedikit malas karena sekarang jika di luar rumah sangat panas sekali, terlintas di benakku sepintas bagaimana dengan dampak Musim kemarau untuk di bidang pertanian, sedikit mengulas tentang perihal dampak Musim kemarau untuk di bidang pertanian adalah sebagai berikut, Musim kemarau dapat memiliki dampak negatif yang signifikan pada sektor pertanian. Beberapa dampak negatifnya meliputi:

1. Kekurangan Air: Kurangnya curah hujan selama musim kemarau dapat mengakibatkan kekurangan air untuk irigasi pertanian. Tanaman memerlukan air yang cukup untuk pertumbuhan optimal, dan kekeringan dapat menghambat perkembangan mereka.

2. Penurunan Produksi: Tanaman padi, jagung, kedelai, dan berbagai jenis tanaman lainnya sangat rentan terhadap kekeringan. Ini dapat menyebabkan penurunan produksi dan menyebabkan kelangkaan makanan.

3. Kebakaran Hutan: Musim kemarau dapat meningkatkan risiko kebakaran hutan dan lahan pertanian. Ini dapat menghancurkan tanaman dan menyebabkan kerusakan lingkungan yang serius.

4. Kualitas Tanaman: Kekeringan juga dapat memengaruhi kualitas tanaman, membuat mereka lebih rentan terhadap hama dan penyakit, serta memengaruhi kandungan gizi.

5. Kerugian Ekonomi: Petani mungkin mengalami kerugian ekonomi akibat penurunan produksi dan harga yang meningkat. Selain itu, kekeringan juga dapat mempengaruhi mata pencaharian petani dan komunitas yang bergantung pada pertanian.

Untuk mengatasi dampak negatif ini, diperlukan praktik-praktik pertanian yang berkelanjutan, manajemen air yang bijaksana, dan upaya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang berkontribusi pada perubahan iklim yang dapat memperburuk masalah musim kemarau.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun