Muda

Media Sosial Saintis Muda Indonesia

5 Desember 2017   13:14 Diperbarui: 5 Desember 2017   13:29 350 0 0

Mendengar kata "media sosial" yang terbayang adalah Facebook, Instagram dan Twitter sebab ke tiganya adalah raja media sosial. Penggunanya ratusan juta hingga miliaran, hadir di hampir semua belahan Bumi termasuk Indonesia. Penggunanya beragam mulai orang biasa, artis hingga pejabat negara, dari yang muda sampai berusia lanjut.

Media sosial sudah menjadi komponen penting sejarah kehidupan manusia. Di masa depan mungkin fenomena yang terjadi saat ini akan digunakan sebagai bahan penelitian lanjutan.

Setiap tahun diadakan Olimpiade Sains Internasional atau International Earth Science Olympiad (IESO). Hebatnya selalu anak-anak muda asal Indonesia menjadi juara. Dalam IESO 2017 di Prancis, saintis Indonesiaberhasil meraih tujuh medali terdiri dari 1 emas, 4 perak dan 2 perunggu. Prestasi ini membuktikan banyak saintis muda Indonesia berbakat! Harus digali dan terus dibina agar jiwa saintis mereka tidak mati.

Tetapi para saintis muda ini tidak terhubung satu sama lain, padahal ada begitu banyak saintis lain di Indonesia. Untuk memperbaiki kualitas dan daya saing Indonesia di mata internasional maka harus memiliki saintis sendiri untuk meningkatkan kualitas produk dari hasil-hasil riset. Namun, gaung kemenangan tahunan IESO hanya sebatas berita, tidak menjadikan para juara ini seorang inovator. Mungkin hal tersebut dipengaruhi oleh lingkungan, salah satunya adalah pengaruh media sosial, sehingga jiwa saintis mereka mati.

Manifesto --- Masalah global yang kita hadapi -- ancaman benda angkasa, perkembangan teknologi, pemanasan global, meningkatnya pencemaran, dan menipisnya sumber daya karena bertambahnya populasi -- semakin bertambah serius.

Hal tersebut menjadi latar belakang terbentuknya  Coenocyte sebagai Media Sosial Sains khusus Saintis Muda Indonesia. Misinya sangat tegas dan jelas, yakni "menghubungkan saintis agar tercipta kehidupan yang lebih baik".

Kita hanya dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik melalui inovasi, salah satunya adalah inovasi dalam bidang teknologi yang diciptakan oleh para saintis. Pesawat, satelit, smartphone, tablet, laptop dan game adalah contoh kecil produk sains.

Harapannya, melalui Coenocyte para saintis muda Indonesia dapat saling terhubung untuk menghasilkan diskusi-diskusi berkualitas yang berakhir pada inovasi baru. Ayo saintis muda, saatnya kalian bangun negeri ini dengan sains.