Mohon tunggu...
Lensa Karana Media
Lensa Karana Media Mohon Tunggu... Penulis - Media komunikasi Pramuka Banyuwangi

Akun official Lensa Karana Media untuk semua informasi tentang Pramuka Banyuwangi dan Nasional serta informasi positif lainnya, info Update liputan kontak 085236662268

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Resmi! Cetak Pembina Unggul Berkualitas, Pondok Pesantren Gontor Kampus 4 Selenggarakan KMD 2021

7 April 2021   11:20 Diperbarui: 8 April 2021   05:07 864
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyuwangi - Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Cabang (Pusdiklatcab) Banyuwangi menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang diikuti oleh 218 orang di Gugusdepan 07-601 yang berpangkalan di Pondok Modern Darul Muttaqien Gontor, Kampus 4 Banyuwangi dilaksanakan selama lima hari, Rabu -  Minggu (7-11/4/2021).

Ketua Panitia Penyelenggara KMD Ilyas mengharapkan kursus yang diselenggarakan di masa pandemi ini mampu menciptakan pembina-pembina Pramuka yang handal di masa yang akan datang.

"Peserta berasal dari berbagai wilayah se Indonesia dan setelahnya semua ilmu yang didapat akan disebarkan ke seluruh wilayah," Ujar Ilyas saat menyampaikan laporan pada upacara pembukaan KMD, Rabu (7/4/2021).

Sebagai sebuah instrumen kaderisasi Gerakan Pramuka, KMD memiliki posisi strategis yang merupakan pilar awal mencetak pembina unggul berkualitas berlanjut pada kursus selanjutnya hingga puncak kaderisasi di jenjang pendidikan orang dewasa.

Kusno, Kepala Pusdiklatcab Macan Putih Banyuwangi memberikan wawasan kepemimpinan dengan mengupas makna di balik penamaan 'Macan Putih' sebagai identitas Pusdiklat Cabang Banyuwangi. Nama itu, diambil dari ciri khas dan kearifan lokal Bumi Blambangan. Macan, bermakna penguasa, dan putih sebagai ciri kesucian hati.

"Macan Putih, merujuk pada sejarah Prabu Tawang Alun. Sosok ini, saya harapkan menjadi inspirasi leadership bagi seluruh peserta KMD, menjadi pemimpin-pemimpin yang berhati suci, mampu memimpin dengan keteladanan," sambung Kusno.

Kusno menyampaikan tentang pentingnya tetap bergiat meski di masa pandemi sehingga tujuan Gerakan Pramuka dipastikan tetap bisa dicapai.

"Gerakan Pramuka memiliki tiga tujuan utama; Memberikan bekal kebangsaan, menanamkan karakter dan memberikan keterampilan," jelas Kusno.

Mengutip sebuah hadits Rasulullah dari Abu Hurairah RA berkata, "Rasulullah bersabda: Apabila manusia meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya," (HR Muslim).

Dia kembali memotivasi seluruh peserta untuk menjadi pribadi yang memiliki ilmu yang bermanfaat. Mewakili Ketua Kwartir Cabang Banyuwangi, Kusno membuka secara resmi KMD tepat pukul 10.30 WIB.

Wakil Pengasuh Gontor 4 Banyuwangi, Syuja'i menguatkan motivasi seluruh peserta untuk mengikuti Pramuka, karena sejatinya Pramuka sudah dicontohkan sejak zaman Rasulullah Muhammad SAW.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun