Mohon tunggu...
ahmad deniardiyanto
ahmad deniardiyanto Mohon Tunggu... Freelancer - Suami yang sayang Keluarga

Lahir Di Temnggung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Contoh RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 TP 2020/2021

4 Juli 2020   17:24 Diperbarui: 26 Februari 2021   22:07 1975
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dibawah ini akan kami berikan Contoh RPP 1 Lembar Kelas 3 Semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Tentunya contoh yang kami berikan bisa mencari referensi untuk anda dalam menyusun atau membuat RPP terbaru di sekolah anda.

RPP 1 Lembar ini mulai berlaku pada Desember Tahun 2019 lalu. Tepatnya sejak diterbitkannya Surat Edaran Menteri Pendidikan No 14 Tahun 2019 yang berisi penyerdehanaan perangkat ajar. Menteri Pendidikan mengeluarkan keputusan mengenai penyederhanaan perangkat ajar ini dimaksudkan agar guru bisa lebih produktif dalam mengajar ketimbang mengurusi administrasi pembelajarannya.

Contoh Bentuk RPP 1 Lembar

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 1 LIHAT DISINI

RPP 1 Lembar Kurikulum 2013 Kelas 3 Semester 2 LIHAT DISINI

Untuk Mendapatkan RPP Kelas 3 Tema 1,2,3 dan 4 silahkan klik tautan (Lihat RPP Lengkap Kelas 3)

Dalam Surat Edaran tersebut terdapat acuan untuk menysun RPP 1 Lembar yaitu di dalam RPP harus memuat 3 poin pokok. Poin pokok utama dalam RPP Kelas 3 1 Lembar adalah Tujuan, Kegaiatan Belajar dan Asesmen atau Penilaian.

Berikut kami berikan sedikit gambaran mengenai bentuk RPP Kelas 3 dari Tema Benda di Sekitarku (Tema 3), Sub Tema Aneka Benda di Sekitarku (Sub Tema 1), Muatan Terpadu Bahasa Indonesia, PPkN, PJOK :

A. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Dengan membaca wacana, siswa dapat mengidentifikasi informasi tentang bahan pembentuk benda yang terbuat dari plastik dengan benar.
  2. Dengan berdiskusi, siswa dapat memahami istilah yang terkait dengan materi pembentuk benda dengan tepat.
  3. Dengan melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar, siswa dapat menggambarkan kondisi sampah plastik dalam bentuk tulisan dengan tepat.
  4. Dengan menuliskan pengalaman bermusyawarah di kelas, siswa mengetahui arti penting dari bermusyawarah dengan tepat

B. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pendahuluan

  1. Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
  2. Guru memberikan stimulus gambaran Materi Sebelumnya yang dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
  3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

Kegiatan Inti

  1. Siswa membaca wacana berjudul Plastik, Solusi dan Masalah.
  2. Siswa diberi kesempatan mengajukan pertanyaan yang terkait dengan wacana.
  3. Sebagai pengayaan guru dapat menginformasikan tentang kebijakan pemerintah tentang penggunaan kantong belanja plastik.
  4. Guru membimbing siswa berdiskusi secara berkelompok tentang aktivitas mengurangi, memanfaatkan kembali dan mendaur ulang.
  5. Siswa menuliskan apa saja yang merupakan contoh dari aktivitas reduce (mengurangi), reuse (memanfaatkan kembali), dan recycle (mendaur ulang).
  6. Setelah menuliskan contoh, siswa menyebutkannya di depan kelas.
  7. Setelah siswa menuliskan hasil pengamatan mereka, kegiatan dilanjutkan dengan bermusyawarah.
  8. Tema musyawarah adalah tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengurangi sampah plastik di sekolah.
  9. Guru mengingatkan siswa untuk aktif dan percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya.
  10. Setelah itu siswa melakukan refleksi dari kegiatan musyawarah tersebut dengan menjawab pertanyaan di Buku Siswa.
  11. Pada akhir kegiatan siswa menuliskan hasil keputusan di atas lembaran kertas karton besar sebagai pengingat hasil keputusan bersama dan ditempelkan di kelas.(Critical Thinking and Problem Formulation)
  12. Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan di luar ruangan.
  13. Setelah itu siswa diingatkan cara menangkap dan melempar bola. Kegiatan diawali dengan pemanasan.
  14. Setelah melakukan pemanasan siswa kembali mempraktikkan cara melempar dan menangkap bola, guru melakukan observasi untuk penilaian.
  15. Setelah penilaian, kegiatan diakhiri dengan melakukan permainan bola tangan.
  16. Guru harus mengarahkan siswa agar bersikap sportif pada permainan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun