Arisandy
Arisandy Pelajar

Nothing but not zero

Selanjutnya

Tutup

Musik

Membuat Lagu, Cara Epic dan Tipsnya

2 Agustus 2018   14:09 Diperbarui: 2 Agustus 2018   14:20 850 1 0
Membuat Lagu, Cara Epic dan Tipsnya
Sumber gambar  : Gitar akustik - WordPress.com

Sudah banyak bermunculan musisi tanah air kita yang terkenal dengan lagunya yang begitu uapik dan terkesan melekat terhadap zaman dan masyarakatnya. Terlepas itu banyak juga musisi tanah air kita yang berada di pedalaman atapun perkotaan, yang sudah banyak menyumbangkan karya-karya terbaiknya di dunia permusikan.

Sebagai salah satu musisi amatiran yang punya imajinasi klise untuk bisa berdiri di atas panggung dengan ratusan atau ribuan penonton, hehe. Saya hanya ingin membagikan beberapa pengetahuan yang saya dapatkan ketika belajar menekuni dunia hiburan ini.

Meskipun saya musisi amatiran saya tetap yakin bahwa untuk bisa memproduksi sebuah karya musik, semua musisi juga melakukan hal yang sama dengan apa yang saya bagikan ini. Karena disini saya hanya mengambil kesimpulan-kesimpulan pengetahuan yang saya dapatkan dari para pembuat karya musik lainnya yang kemudian saya modifikasi dan saya terapkan sehingga bisa muncul sebuah karya musik atau lagu.

Berikut cara epic yang bisa digunakan dalam membuat lagu, namun sebelumnya perlu diketahui kenapa ini disebut cara epic. Disebit epic karena cara ini bisa dilakukan oleh seorang yang baru belajar musik atau musisi profesional sekalipun, sehingga cara ini adalah cara termudah dan tercepat untuk sebuah lagu yang kualitas lagunya itu pantas untuk ditampilkan di atas panggung.

Caranya adalah :

  • kalian harus memahami asumsi-asumsi yang ada dalam membuat lagu. Beberapa asumsi yang ada untuk membuat lagu itu ada yang namanya Notasi nada,chord, lirik lagu,dan alat musik. Maksudnya memahami asumsi itu untuk menyiapkan apa saja yang harus dilakukan nantinya dalam membuat lagu.
  • Buat dahulu notasinya dan tentukan chordnya. Membuat notasi nada bisa dengan chord-chord yang sudah kemudian kalian bisa modifikasi atau bisa dari chord yang kalian ciptakan sendiri. 
    • Misalnya, ada chord : C   G   Am    Em   F  Nah dari chord-chord tersebut kalian mainkan sambil bersenandung dengan lirik LaLaLa terlebih dahulu dan sesuaikan nada dari chord yang kalian buat.
    • Tipsnya untuk menentukan chord : kalian bisa lihat dari lagu-lagu yang sudah ada kemudian kalian modifikasi supaya tidak terlihat plagiat. Walaupun tidak kalian modifikasi sebenarnya tidak akan diakatakan plagiat. Karena kebanyakan lagu-lagu yang ada di dunia running chordnya ya itu-itu saja
  • Kemudian kalian buat lirik lagunya. Nah, lirik lagu ini kalian bisa buat dengan ide-ide yang kalian munculkan dari melihat realitas atau keadaan sesuatu, kalian bisa buat dengan apa yang saat ini sedang kalian alami atau rasakan. Dari situ kalian kembangkan menjadi sebuah lirik lagu yang simple dan puitis. Karena lagu itu bentuk ekspresi manusia yang dibuat menjadi musik untuk hiburan, motivasi dan keindahan.
    • Tips membuat lirik : ketika kalian ada ide untuk liriknya ketika dalam kondisi yang seharusnya tidak untuk membuat lirik maka kalian bisa menuliskan hal tersebut. 
    • Bisa dengan fokus memikirkan liriknya seperti apa dengan mengingat kondisi realitas atau apa yang sedang kita alami.
    • Lalu buat se-ekspresif  mungkin sesuai dengan apa yang ingin kalian tuangkan dari lagu tersebut
  • Kalian bisa membuat liriknya terlebih dahulu kemudian notasi dan chordnya, karena dibalikpun mana yang lebih dulu akan sama-sama menyesuaikan.
  • Setelah kalian melakukan tahapan kedua dan ketiga, ba kalian sesuaikan lirik dengan notasi dari yang sudah kalian buat dan kembangkan sesuai dengan selera kalian. Pada tahapan ini kalian sudah bisa dikatakan menciptakan lagu.
  • Final, kalian bisa menyesuaikan instrumen musik lainnya dengan lagu yang sudah dibuat.

Jadi seperti itu saja cara epic untuk membuat sebuah lagu dari saya. Semoga bermanfaat.