Mohon tunggu...
RIZKI KURNIAWAN
RIZKI KURNIAWAN Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - 27 Maret 2000

taruna utama di politeknik ilmu pemasyarakatan kementerian hukum dan ham

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Kualitas Pendidikan sebagai Pembentukan Karakteristik Seorang Pemimpin di Indonesia

20 September 2021   15:03 Diperbarui: 20 September 2021   15:55 319 10 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Kualitas Pendidikan sebagai Pembentukan Karakteristik Seorang Pemimpin di Indonesia
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENTINGNYA KUALITAS PENDIDIKAN SEBAGAI PEMBENTUKAN KARAKTERISTIK SEORANG PEMIMPIN DI INDONESIA

Abstact

As the basic capital to advance and compete globally, it is necessary to revitalize and strengthen character, as well as the quality of human resources with strong leaders. The Indonesian nation needs a leader who is strong and has character, that is, a leader who puts forward the use of conscience that underlies the thoughts of his attitude and behavior. In this case education is the most important thing in shaping personality. 

This article will more specifically examine the role of the Indonesian government in improving the quality of Indonesian education for the purpose of producing national leaders with character and quality. This article uses a qualitative research method with a case study approach. On the other hand, this article argues that the government also has a big role in advancing the quality of education in Indonesia. In conclusion, the issue of educational inequality in Indonesia is an internal issue that is increasingly important in development.

Keywords: Education, Character Leader, Leader.

Abstrak 

Sebagai modal dasar maju dan bersaing secara global diperlukan revitalisasi dan penguatan karakter, serta kualitas sumber daya manusia dengan pemimpin yang tangguh. Bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin yang tangguh dan berkarakter, yaitu seorang pemimpin yang mengedepankan panggunaan hati nurani melandasi pemikiran sikap dan perilakunya. Dalam hal ini pendidikan merupakan hal terpenting untuk membentuk kepribadian. Artikel ini lebih spesifik akan menelaah peranan pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia untuk tujuan melahirkan pemimpin bangsa yang berkarakter dan berkualitas. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Di sisi lain artikel ini berargumen bahwa pemerintah juga memiliki peranan yang besar dalam memajukan kualitas pendidikan di Indonesia. Pada kesimpulannya, isu ketimpangan pendidikan yang terjadi di Indonesia merupakan isu internal yang semakin penting dalam pembangunan.

Kata Kunci: Pendidikan, Karakter Pemimpin, Pemimpin

PENDAHULUAN

Sebagai salah satu negara dengan bangsa yang besar, Indonesia memerlukan sumber daya manusia dengan jumlah yang banyak dan memiliki kualitas yang baik untuk bisa mendukung pembangunan utama yang ada di Indonesia (Putri, 2020). Untuk bisa menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, maka dibutuhkanlah pendidikan sebagai salah satu bagian utama peningkatan kualitas sumber daya sehingga pendidikan dalam hal ini memiliki peranan penting dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Indonesia sendiri merupakan negara yang berada di wilayah yang sangat strategis, dengan jumlah penduduk yang begitu besar dan kemajemukan dalam sosial budaya (Welianto, 2020). Hal ini dapat menjadi peluang untuk bangsa Indonesia agar bisa menjadi bangsa yang maju, adil, makmur, berdaulat dan bermartabat. Kebudayaan yang telah dihasilkan oleh bangsa Indonesia sendiri beragam, memiliki keaneragaman tersendiri oleh tiap sukunya dari Sabang sampai Merauke dengan semboyan bangsa "Bhineka Tunggal Ika" (IndoMaritim, 2020).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan