Mohon tunggu...
Kurniawan
Kurniawan Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi

Sebagai seorang dosen yang tertarik pada permasalahan sosial yang ada di lingkungan sekitar juga sebagai konten kreator di bidang pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peserta Didik sebagai "Tech Savvy" yang Beretika

21 September 2022   17:50 Diperbarui: 27 September 2022   07:47 192 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Era disrupsi memaksa setiap orang untuk melek digital. Era disrupsi membebaskan setiap orang untuk bertukar ide, nilai, ideologi dan budaya tanpa mengenal sekat atau batas-batas wilayah. Era disrupsi ini meningkatkan akselerasi dalam literasi digital. Namun ada efek lain yaitu tergerusnya etika dalam segala aspek.  Begitu pula dalam dunia pendidikan yang erat kaitannya dengan literasi teknologi.  

Tujuan literasi teknologi dalam dunia pendidikan adalah agar peserta didik belajar terlibat aktif dalam proses teknologi atau memanfaatkan capaian teknologi. Peserta didik tidak hanya menjadi “Tech Savvy” yang berarti  memiliki pengetahuan dan keahlian luas di bidang teknologi modern seperti komputer tapi mereka juga harus mampu memanfaatkan teknologi yang dikuasainya itu secara optimal tapi juga dapat memanfaatkannya dengan memegang teguh prinsip etika. 

Dengan menggunakan teknologi inilah peserta didik dapat melatih dirinya menggunakan teknologi untuk menemukan dan memecahkan masalah kehidupan sehari-hari.

Teknologi Literasi membantu pendidik dan peserta pendidik tetap aktif dalam semua perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang begitu pesat dewasa ini sehingga semua pendidik dan peserta didik perlu dilibatkan. 

Hal ini penting agar informasi dari seluruh penjuru dunia dapat dikenal dan universal, dan tentunya kita  menyadari bahwa informasi itu beredar dan datang silih berganti. 

Ketika teknologi menjadi 'teman' yang baik, peserta didik juga mencapai hasil yang lebih baik baik dalam proses maupun hasil akhir. Penggunaan teknologi yang tepat memungkinkan peserta didik untuk secara kreatif memecahkan berbagai tugas, memecahkan masalah yang ada secara alami, terampil mengintegrasikan berbagai informasi (informasi yang diperoleh) ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. 

Pendidik dapat berinteraksi dengan peserta didik bahkan dengan  "warga" dunia maya atau kita sebut dengan istilah “Warganet/Netizen” di seluruh dunia untuk memperluas dan menambah jaringan. Sehingga dapat memenuhi tuntutan zaman yang semakin kompleks tanpa harus menghadapi persoalan ruang dan waktu di dunia.

Agar pembelajaran berbasis TIK berlangsung efektif, diperlukan beberapa hal, yaitu: 

1. Mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah kehidupan nyata. 

Ketika proses pembelajaran menjadi semenyenangkan mungkin, dapat mengaktifkan motivasi peserta didik dalam proses pendidikan. Dinamika tersebut menginspirasi peserta didik untuk melakukan yang terbaik ketika dihadapkan pada situasi di mana peserta didik perlu menerapkan pengetahuannya di dunia nyata. 

2. Mengembangkan  pemikiran reflektif 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan