Mohon tunggu...
kupasotomotif
kupasotomotif Mohon Tunggu... pengamat otomotif

Seorang peneliti / konsultan free energi, kesehatan alternatif dan pengamat otomotif

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

MotoGP Gonjang-ganjing karena 2 Pebalap Utama Ducati

7 Juni 2020   18:00 Diperbarui: 7 Juni 2020   17:56 27 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
MotoGP Gonjang-ganjing karena 2 Pebalap Utama Ducati
(tweeter Ducati @ducatimotor)

Sekarang ini terjadi perubahan yang hebat di peta kekuatan tim utama di MotoGP. Yang menjadi sumber gonjang - ganjing kali ini adalah dari 2 pembalap utama Ducati, yaitu Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci.

Hal ini bermula dari ketidakpuasan Dovi terhadap gaji yang diterimanya. Ia merasa bahwa gaji yang selama ini ia terima tidak pantas untuk kemampuan yang ia tunjukkan. Kecilnya gaji dari Dovi pertama menjadi perhatian semenjak masuknya Jorge Lorenzo di Ducati. Pada saat itu Lorenzo mendapatkan gaji yang jauh lebih tinggi dari Dovi. Dan ternyata setelah Lorenzo keluar, Dovi merasa tidak diperlakukan dengan hormat oleh Ducati. Bahkan Dovi sempat dikabarkan mempunyai hubungan yang kurang baik dengan manajer tim Ducati, Gigi Dal'Igna.

Sampai sekarang, nasib dari Dovi untuk balapan musim 2021 masih belum bisa dipastikan. Rupanya negosiasi alot masih berlangsung antara Ducati dan Dovizioso. Dan rupanya hal ini membuat pergerakan pembalap menjadi sangat dinamis di MotoGP. Bahkan sempat dikabarkan bahwa KTM telah melakukan pendekatan ke Dovi, yang menurut tmcblog terjadi karena Honda ingin mensabotase Ducati dengan menarik Pol Espargaro ke Honda.

Sebenarnya tidak bisa dibilang begitu karena jelas bahwa bila Dovi tidak berada di Ducati lagi, maka itu karena Ducati tidak mau membayar Dovi lebih mahal. Lagipula keinginan Honda menarik Pol Espargaro ke Honda lebih karena Honda sekarang tidak punya pembalap yang bisa mengendarai motor versi 2020. Kesalahan penanganan pasca operasi membuat Marc tidak bisa lagi mengendarai motor versi 2020, dan Alex Marquez jelas pembalap pemula yang hanya bisa berada di urutan bawah.

Ducati sudah jelas telah mengontrak Jack Miller untuk musim balap 2021. Namun yang mengagetkan juga adalah bila Ducati gagal mengontrak Dovi, maka bukan Petrucci yang kemungkinan menjadi pengganti Dovi, tapi justru Jorge Lorenzo. Hal ini diungkapkan oleh manajer Petrucci di gpone. Petrucci juga mengatakan melalui crash.net bahwa Ducati memang sudah tidak mau lagi mengontrak dirinya.

Walau tmcblog beragumentasi bahwa Honda yang menjadi penyebabnya, dengan menawari Petrucci untuk masuk ke WSBK, Petrucci sendiri mengatakan bahwa fokusnya adalah di MotoGP. Petrucci tetap ingin agar bisa membalap di MotoGP.

Bila Jack Miller dan Jorge Lorenzo masuk ke Ducati, maka tim Honda bakal jadi tim yang kurang kuat karena Marc sedang masa pemulihan dan Alex jelas tidak bisa diandalkan. Reaksi dari Dovizioso dan Petrucci akan jadi kunci perubahan peta kekuatan di MotoGP.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x