Mohon tunggu...
Kundiharto
Kundiharto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Psychology Student

Deep interest in the fields of Information Technology, Psychology, Marketing, Management, and Entrepreneurship

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mindfulness dan Pendidikan

20 November 2023   08:36 Diperbarui: 20 November 2023   08:58 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam dunia pendidikan yang terus berubah dan penuh tantangan, konsep 'mindfulness' telah muncul sebagai solusi potensial untuk meningkatkan kesejahteraan siswa

Mindfulness, didefinisikan sebagai kesadaran penuh akan momen ini dengan penerimaan yang tidak menghakimi, menawarkan perspektif unik dalam pendekatan pendidikan. 

Dalam konteks sekolah, di mana tekanan akademis dan sosial seringkali berat, praktik mindfulness dapat menjadi alat penting untuk membantu siswa mengelola stres dan meningkatkan kesejahteraan mental mereka.

Kesejahteraan siswa, yang mencakup kesehatan mental, emosional, dan sosial, menjadi semakin penting di era modern ini. Sekolah bukan hanya tempat untuk pembelajaran akademis, tetapi juga menjadi arena penting bagi pertumbuhan pribadi dan pengembangan kemampuan sosial-emosional.

Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental, pengintegrasian mindfulness dalam pendidikan tidak hanya menjadi kebutuhan, tetapi juga sebuah langkah progresif menuju pendidikan yang lebih inklusif dan mendukung.

Sebagai metode yang mengutamakan kesadaran dalam saat ini, mindfulness mengajarkan siswa untuk berfokus pada saat ini, mengenali emosi dan pikiran mereka tanpa penilaian, dan menanggapi situasi dengan lebih tenang dan bijaksana. 

Pendekatan ini, yang mungkin tampak sederhana, memiliki potensi yang signifikan dalam membantu siswa mengatasi kecemasan, stres, dan tekanan yang sering mereka alami.

Dasar Teoretis Mindfulness

Mindfulness, dengan akarnya yang mendalam dan kuno, berasal dari praktik meditasi Timur, khususnya dalam tradisi Buddha. Namun, pemahamannya telah meluas dan beradaptasi dengan konteks budaya dan ilmiah modern. 

Sejarahnya yang kaya ini mencerminkan evolusi dari praktik religius dan spiritual menjadi metode psikologis yang diakui secara luas. Penting untuk memahami asal-usul ini untuk mengapresiasi kekayaan dan kedalaman mindfulness sebagai praktik, serta untuk mengakui bagaimana ia telah beradaptasi dan menjadi relevan dalam konteks kontemporer.

Pada intinya, mindfulness melibatkan kesadaran yang terfokus pada momen ini dengan sikap yang tidak menghakimi. Ini termasuk beberapa prinsip utama seperti kesadaran akan napas, kesadaran tubuh, dan pemahaman tentang pikiran serta emosi tanpa terjebak di dalamnya. 

Praktik-praktik ini, yang sering kali dimulai dengan meditasi sederhana, bertujuan untuk melatih pikiran untuk hadir sepenuhnya dan menanggapi pengalaman dengan lebih tenang dan objektif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun