Mohon tunggu...
Mega Januarti
Mega Januarti Mohon Tunggu... ibu rumah tangga -

Kuliner Belitung

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Resep Gangan Ikan & Kuliner Belitung

14 Desember 2013   17:39 Diperbarui: 17 September 2015   23:12 5840
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kami coba berbagi resep yang diperoleh dari turun temurun dalam keluarga. Resep ini yang Kami gunakan untuk menghidangkan masakan khas Belitung ini. Bagi pembaca yang berminat silakan untuk dicoba dan jika cocok boleh juga untuk dishare ke teman semua. Resep Gangan Ikan .

Bahan : Ikan (ikan ketarap/ikan bulat/ikan kue bisa juga ikan kakap, kerisi atau kembung)  1 kg Pilih ikan yang masih segar. Kalau di daerah Belitung ikan segar banyak di dapat di pasar tradisional karena Belitung adalah wilayah yang dekat dengan pantai dan penghasil ikan laut.

 

[caption id="" align="aligncenter" width="403" caption="Ikan segar bahan masakan khas Belitung : gangan"]

[/caption] Setelah ikan dipilih, bersihkan dan potong sesuai selera. nanas (setengah matang) 1 butir kalau gak suka nanas bisa diganti dengan tomat. Bumbu : Cabe merah 10 buah Cabe rawit 10 buah Kunyit 2 bonggol tapi bukan induknya Terasi 2 sendok teh Kemiri 4 butir Lengkuas kira kira 5 cm Garam secukupnya. Cara membuat Gangan Ikan 1. Semua bumbu dihaluskan dengan cara diulek 2. Nanas dikupas dan diiris memanjang (buang bonggolnya) 3. Masukkan bumbu dan irisan nanas ke dalam panci yang berisi air 1 1/4 ltr, lalu didihkan 4. Setelah mendidih masukkan ikannya. 5. Tambahkan garam secukupnya 6. Setelah ikan matang, angkat dan siap dihidangkan. Nah mudah bukan..... Silakan dicoba ya....kalau pas wisata ke Belitung sempatkan wisata kuliner belitung dengan memesan Gangan ikan ini.

by http://www.kulinerbelitung.com


 

[caption id="" align="aligncenter" width="403" caption="Wisata kuliner Belitung di Tanjung Tinggi"]

[/caption]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun