Mohon tunggu...
kristiyani pelitahati
kristiyani pelitahati Mohon Tunggu... Heart Light🍓

Simple girls 🌷🍀 🌷and be my self Life is Love❤️

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Pelepas Dahaga yang Segar di Bulan Ramadan

6 Mei 2021   08:08 Diperbarui: 6 Mei 2021   08:15 175 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelepas Dahaga yang Segar di Bulan Ramadan
Image:tribunbatam.id

Di bulan penuh berkah ini, istilah ngabuburit menjadi trend di banyak kalangan. Kegiatan menunggu adzan magrib menjelang berbuka puasa adalah moment yang ditunggu, dengan berbagai bentuk aktivitas seperti jalan-jalan, bermain, bercengkrama, mencari takjil di pasar kuliner, menghabiskan waktu di taman, menyiapkan menu berbuka puasa, mengaji,  atau hal-hal lain yang menyenangkan dan bermanfaat. 

Bagi sobat yang suka menyiapkan makanan dan minuman sendiri dari rumah, tentu akan menghabiskan waktu ngabuburit dengan mengolah makanan atau menyiapkan minuman sendiri. Harapannya dengan menyiapkan makanan dan minuman sendiri, supaya mampu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan. 

Dari banyaknya minuman yang menjadi pilihan untuk di buat dengan resep sederhana,  namun ada minuman yang cukup simple, menyegarkan dan dapat mengganti ion-ion tubuh yang hilang. Minuman ini berasal dari air buah kelapa (degan). Air buah kelapa dapat di peroleh dari buah kelapa muda atau tua yang dibelah. Buah kelapa ini sangat banyak dijumpai di pasar atau penjual di lingkungan sekitar.  

Mengapa air kelapa dapat dimasukkan ke dalam  menu minuman berbuka  daripada minuman yang lain? Air kelapa hampir mirip dengan air putih karena mempunyai kandungan 95% air. Apa saja Fakta lain yang menarik dari air kelapa :

° Di ansir dari USDA food data central,

 dalam  air kelapa terdapat kandungan nilai gizi (per 100 gr)

  • Kalori : 79 KJ (19 kcal)
  • Lemak : 0.2 gr
  • Kalium: 250 mg
  • Karbohidrat  : 3.71 gr
  • Serat : 1.1 gr
  • Gula : 2.61 gr
  • Protein : 0.72 gr
  • Vitamin C : 2.4 mg
  • Kalsium : 24 mg
  • Zat besi : 0.29 mg

Serta kandungan vitamin lainnya (Thiamina (B1), Riboflavin (B2), Niasin (B3), Asam pantotenat (B5), Vitamin B6, Folat (B9) dalam jumlah kecil kurang dari 0.1 mg

°Air kelapa dapat menyejukkan dan dan menghilangkan dahaga karena kesegarannya

°Cairan tubuh yang hilang dapat ditukar dengan air kelapa karena memiliki elektrolit yang alami sehungga bisa mencegah dehidrasi. Ini cocok di komsumsi saat berpuasa atau beraktivitas yang menghabiskan energy.

°Memiliki kadar gula yang rendah, sehingga aman bagi penderita diabetes.

°Air kelapa di klaim dapat menghilangkan racun  ketika mengalami keracunan dengan gejala muntah dan diare berlebih. Ketika diare, akan banyak kehilangan kalium bersama feses yang keluar sehingga menyebabkan perut kembung dan sakit. Mengkomsumsi air kelapa dapat mengganti sehingga memperbaiki kondisi pencernaan (perut kembung).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x