Mohon tunggu...
Kristina Mr
Kristina Mr Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Teknologi Pendidikan

Merupakan seorang mahasiswi sedang menempuh pemdidikan S1 jurusan Teknologi Pendidikan yang memiliki ketertarikan dalam banyak hal seperti olahraga, musik, teknologi dan sebagainya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Rekognisi: Pengembangan Teknologi Pembelajaran SDN Juntigirang 02 Kabupaten Bandung

24 September 2021   13:08 Diperbarui: 24 September 2021   13:29 39 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kampus mengajar merupakan salah satu program pemerintah dalam bidang Pendidikan dalam program Kampus Merdeka. Kampus mengajar dalam kampus merdeka merupakan kegiatan yang dijalankan oleh mahasiswa seluruh Indonesia untuk mengajar di daerah 3T. Program ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada sekolah dasar yang terdampak pandemi, sehingga tidak mampu mengadakan proses belajar-mengajar dengan efektif. Dengan memberdayakan mahasiswa didik sebagai pendamping guru daerah sekolah dasar yang berdomisili di sekitar wilayah sekolah untuk membantu para guru dan Kepala Sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu sekolah dasar terpilih sebagai tempat terlaksananya program tersebut adalah SDN Juntigirang 02. SDN Juntigirang 02 bertempatkan di desa Gandasari Kabupaten Bandung. Kegiatan dilaksanakan oleh 8 mahasiswa dari berbagai kampus dan dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan serta guru pamong sekolah dasar tersebut. Program pada kampus mengajar ini terfokus pada aspek pengajaran, administrasi serta pengembang teknologi di Sekolah Tersebut. 

Melalui ketiga aspek tersebut maka kegiatan yang diimplementasikan pada sekolah antara lain pada bidang pengajaran yaitu melakukan pelatihan pembelajaran secara daring menggunakan video converence dan membimbing guru senior membuat soal kebih kreatif, dan inovatif dengan memanfaatkan kemajuan tekologi, hal tersebut juga sebagai pengembang teknologi pembelajaran pada sekolah tersebut dalam memudahkan dalam pembelajaran terutama saat masa pandemic Covid-19. Sedangkan dalam hal administrasi yakni memperbarui struktur, membuat RPP 1 lembar, melakukan pendataan sarana dan prasarana yang dimiliki serta memilah buku untuk membuat perpustakaan pada sekolah tersebut.

Dokpri
Dokpri

Hadirnya program Kampus Mengajar pada SDN Juntigirang 02 pada masa pandemi merupakan gerak nyata ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Supaya menjadi motivasi bagi siswa dalam semangat menggapai prestasi sesuai minat dan bakatnya. Dukungan dari sekolah juga terutama guru yang sangat memberikan banyak pengalaman dan ilmu baru serta memberikan motivasi dalam membangun SDN Juntigirang 02 ke arah pendidikan yang lebih baik.

Selain itu siswa juga sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yng dilakukan oleh program Kampus Mengajar ini. Perencanaan yang kuat dan kokoh untuk membangun pelaksanaan yang terstruktur dalam mencapai kesuksesan sangat di tekankan.  Maka dari itu, perlu perencanaan yang matang dalam melakukan kegiatan dan adanya persetujuan dari seluruh pihak yang terlibat. Perencanaan tersebut berupa program kerja yang dapat membangun kegiatan ke arah yang semakin baik. keterlibatan seluruh pihak menjadi hal yang penting di dalam melaksanakan program kerja. Melalui kerja sama dan koordinasi setiap anggota kegiatan kampus mengajar akan lebih mudah dilaksanakan.

Oleh: Kristina (1801485)-S1 Teknologi Pendidikan; Universitas Pendidikan Indonesia

Kelompok 14 - DPL: Yadi Mulyadi M.Pd

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan