Mohon tunggu...
Kristalara Sukma
Kristalara Sukma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Fakultas Pendidikan IAIN Parepare

Pendidikan - Sosial - Lainnya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Metode Pemberian Tugas sebagai Survei Respon Peserta Didik

21 Desember 2023   15:01 Diperbarui: 21 Desember 2023   15:08 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS SEBAGAI SURVEI RESPON PESERTA DIDIK

Sukma Kristalara

Pendidikan Agama Islam

e-mail: kristalarasukma@gmail.com


Abstrak

Metode pemberian tugas merupakan salah satu cara guru mengevaluasi peserta didik dan sebagai cara agar peserta didik lebih memahami materi pelajaran lebih jauh lagi. Namun tidak menuntut bahwa peserta didik akan mencapai tujuan pemberian tugas tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon peserta didik dalam pemberian tugas di masa pembelajaran terbatas MAN 2 Kota Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data gabungan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi berjumlah enam kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah empat kelas XI MAN 2 Kota Parepare. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar kerja siswa beragam tugas yang diberikan tiap kelasnya. Pemberian tugas esai yang dikerjakan di rumah diberikan pada kelas XI IIS 3, pemberian tugas pilihan ganda yang diakses melalui google form diberikan pada dua kelas, yakni kelas XI IIS 1 dan kelas XI IIS 2, pemberian tugas berupa tes lisan berjumlah satu soal yang diberikan diakhir pelajaran di kelas XI MIA 4. Hasil dalam penelitian ini yaitu respon siswa dalam pemberian tugas evaluasi di akhir pelajaran pada tatap muka terbatas MAN 2 Kota Parepare cukup responsif .

Kata Kunci: Metode Pemberian Tugas, Respon Peserta Didik.

Abstract

The assignment method is one way for teachers to evaluate students and as a way for students to understand the subject matter further. However, it does not require that students will achieve the goal of giving the assignment. This research is an experimental study using a combined data collection technique between quantitative and qualitative research. The population is six classes. The sample in this study amounted to four class XI MAN 2 Parepare City. The data collection used is to use student worksheets of various tasks given each class. The assignment of essay assignments done at home is given in class XI IIS 3, the provision of multiple choice tasks accessed through google form is given to two classes, namely class XI IIS 1 and class XI IIS 2, the assignment in the form of oral tests amounting to one question given at the end of the lesson in class XI MIA 4. The results in this study are that the student's response in the awarding of evaluation assignments at the end of the lesson at the end of the lesson at the limited face-to-face MAN 2 Parepare City is quite responsive.

Keywords: Methods of Assigning Tasks, Student Response.

PENDAHULUAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun