Mohon tunggu...
Krisnina Maharani
Krisnina Maharani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNDIP

Mahasiswa Ilmu Komunikasi - Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat

Jauhi Narkoba, Sayangi Dirimu! Aksi Kampanye Mahasiswa Undip untuk Memerangi Narkoba

3 Agustus 2022   15:27 Diperbarui: 3 Agustus 2022   15:52 168 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kampanye Anti Narkoba (sumber: dok. pribadi)

Pati (3/8) Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro melakukan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat salah satunya di Desa Bajomulyo, Kec. Juwana. 

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa KKN melakukan aksi kampanye "Jauhi Narkoba, Sayangi Dirimu!" bersamaan dengan pelaksanaan kirab budaya sedekah bumi Desa Bajomulyo yang  dilaksanakan pada 17 Juli 2022 tepatnya dari TPI Unit II Juwana sampai finish pada pukul 14.00 -- 17.30 WIB.

Kegiatan kampanye anti narkoba bertujuan untuk mencegah lebih banyak manusia atau masyarakat yang akan terjerumus kedalam pengomsumsian narkoba atau narkotika. Harapannya dengan adanya kampanye ini masyarakat menjadi lebih sadar akan bahaya narkoba dan dapat mengantisipasi untuk tidak melakukan penyalahgunaan narkoba.   

Rangkaian kegiatan kampanye diawali dari titik kumpul di TPI Unit II Juwana dilanjutkan dengan berjalan bersama keliling desa menuju rumah H. Waluyo sebagai finish dari kirab budaya. Di sepanjang jalan desa, antusias masyarakat menyaksikan kirab budaya menjadi kesempatan yang pas untuk melakukan kampanye. 

(sumber: dok. pribadi)
(sumber: dok. pribadi)
(sumber: dok. pribadi)
(sumber: dok. pribadi)
(sumber: dok. pribadi)
(sumber: dok. pribadi)

Dalam kampanye anti narkoba, mahasiswa KKN  berpenampilan sebagai duta anti narkoba dengan membawa poster sebagai himbauan dan memberikan informasi kepada khalayak ramai untuk menjauhi narkoba. 

Selain itu, mahasiswa KKN juga memberikan edukasi kepada masyarakat dengan membagikan brosur cara hidup sehat tanpa narkoba.

Pencegahan penyalahgunaan narkoba harus dilakukan sejak dini yaitu dengan mensosialisasikan narkoba dan bahayanya kepada masyarakat di lingkungan sekitar. Narkoba/napza merupakan  salah satu dari beberapa hal yang dapat mempengaruhi dan dapat merusak moral generasi muda penerus bangsa. 

Narkoba bukan solusi untuk sebuah masalah, bukan juga pemberi kesenangan, tetapi narkoba hanya memberikan kenikmatan sesaat yang membuat generasi hancur seumur hidup!

Cara Hidup Sehat Tanpa Narkoba (sumber: dok. pribadi)
Cara Hidup Sehat Tanpa Narkoba (sumber: dok. pribadi)

Penulis : TIM II KKN Universitas Diponegoro 2021/2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan