Mohon tunggu...
Krisna Murti
Krisna Murti Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar

Saya seorang pelajar yang sedang menempuh pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Ketertarikan saya terhadap hal baru dan yang saya lihat menyenangkan merupakan sebuah hal yang membuat saya mulai menulis termasuk berita.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengelolaan Perpustakaan SD Negeri 3 Kamal yang Sebelumnya Tidak Pernah Terpakai

27 September 2022   17:35 Diperbarui: 27 September 2022   18:56 78 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sukoharjo, 22 September 2022- Program Kuliah Kerja Nyata yang diangkat oleh Kelompok KKN UNS 63 berjudul “Peningkatan Kualitas Masyarakat pada Bidang Pendidikan, Kesehatan, Kemasyarakatan , Pembangunan Sumber Daya dan Teknologi, Serta Pengelolaan Lingkungan di Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Sukoharjo”. 

Sejalan dengan hal tersebut, maka diperlukan penyusunan suatu program kerja yang sesuai dalam mewujudkan judul KKN dari Kelompok 63 tersebut, salah satunya yaitu program kerja pada bidang peningkatan budaya membaca. Program kerja yang dilakukan oleh kelompok 63 KKN UNS dengan dosen pendamping lapangan, Dr.Sri Santoso Sabarini, M.Or. dalam meningkatkan daya tarik siswa untuk membaca yaitu dengan cara mengadakan Pojok Literasi.

Pengadaan kegiatan Pojok Literasi di SD Negeri 3 Kamal dilatarbelakangi oleh kondisi di SD Negeri 3 Kamal, dimana terdapat kurangnya partisipasi dalam mengelola perpustakaan sehingga budaya membaca siswa di SD Negeri 3 Kamal masih kurang. 

Hal tersebut diakibatkan karena jumlah siswa di SD Negeri 3 Kamal yang sedikit sehingga menjadikan perpustakan di SD tersebut kurang terawat. Walaupun perpustakaan tersebut sudah seperti tidak terurus, akan tetapi dari Kelompok KKN kami memutuskan untuk membersihkan perpustakaan tersebut dan menatanya kembali dengan rapi, sehingga perpustakaan sekolah dapat digunakan oleh murid SD Negeri 3 Kamal untuk membaca.

Dalam hal ini, KKN Kelompok 63 UNS bekerja sama dengan pihak SD Negeri 3 KAMAL untuk melakukan renovasi pada perpustakaan di SD Negeri 3 Kamal. Dalam pelaksanaan program kerja ini disambut dengan baik oleh guru guru Sekolah Dasar Negeri 3 Kamal dan mendapat persetujuan dari Bapak Masiman selaku kepala sekolah SD Negeri 3 Kamal. Kegiatan Program Kerja Pojok Literasi ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menarik perhatian siswa SD Negeri 3 Kamal dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya membaca pada usia dini. Maka dengan demikian, kami Kelompok KKN 63 UNS mengambil tindakan untuk membenahi perpustakaan tersebut melalui kerja sama dengan pihak SD Negeri 3 Kamal.

whatsapp-image-2022-09-27-at-17-45-43-1-6332e4e808a8b55dc60f6b92.jpeg
whatsapp-image-2022-09-27-at-17-45-43-1-6332e4e808a8b55dc60f6b92.jpeg
 Program kerja pojok literasi ini dilakukan selama 3 hari, terhitung dari tanggal 5-7 Agustus 2022, yang dilakukan di perpustakaan SD Negeri 3 Kamal. Kegiatan ini dilakukan dengan cara pembagian tugas bagi masing masing anggota Kelompok KKN 63 UNS tujuan agar kegiatan Pojok Literasi ini segera selesai sesuai dengan waktu yang ditargetkan.

Dalam hal ini, program kerja kami berjalan dengan lancar dan siswa di SD Negeri 3 Kamal juga senang untuk membaca buku didalam perpustakaan. Ada sebuah perkataan dari salah satu siswa SD Negeri 3 Kamal yang membuat semua siswa disana menjadi lebih senang untuk membaca buku di perpustakaan “ayo sini membaca buku di perpustakaan, sekarang perpustakaan menjadi bagus”.

Melalui pojok literasi ini , diharapkan semoga siswa di SD Negeri 3 Kamal menjadi senang dan lebih rajin lagi untuk membaca buku guna menambah wawasan di kemudian hari.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan