Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... street buskers

Ad Majorem Dei Gloriam

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Apakah IRT Tidak Lebih Mulia Dibandingkan Wanita Karir?

28 Juli 2020   17:44 Diperbarui: 28 Juli 2020   17:40 221 27 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah IRT Tidak Lebih Mulia Dibandingkan Wanita Karir?
Image by Pexels.com

Mantan first lady AS Nancy Reagen setelah suaminya tidak menjadi presiden, mengeluh karena dititipkan cucu oleh anak-anaknya. Karena repot dan merasa kewalahan mengatur cucu-cucunya yang bandel. 

Suatu saat setelah Nancy berdoa, ia diberikan pemahaman bahwa itulah kepercayaan yang Tuhan berikan untuknya. Setelah peristiwa itu Nancy dengan senang hati mengasuh cucu-cucunya, ia harus mempersiapkan diri sebelum cucunya datang dengan membaca buku-buku cerita yang akan dibagikannya. 

Bahkan membaca buku bagaimana cara mendidik anak dan psikologi perkembangan anak layaknya seorang guru. Ia bangga mengajar cucu dan sadar peran besar seorang Ibu Rumah Tangga (IRT).

Sudah cukup bukti beberapa contoh orang tua yang berhasil dalam karir, tetapi gagal dalam mengantarkan anak-anaknya menjadi orang berhasil. Karena kesibukan ke dua orang tua praktis membuat waktu untuk keluarga menjadi terbatas.

Secara tidak langsung pola pengasuhan anak diserahkan kepada pembantu dan pengasuh bayi. Secara materi keluarga tersebut tidak kekurangan, malahan kebutuhan materi anak-anak sangat mencukupi baik sarana dan prasarana.

Orang tua beranggapan dengan memenuhi kebutuhan materi dan mempekerjakan para pembantu dan pengasuh bayi telah lebih dari cukup untuk menghantarkan anak-anaknya berhasil. Sementara tidak banyak para asisten rumah tangga tersebut yang peduli dengan pendidikan anak.

Dengan latar belakang pendidikan yang terbatas akan memunculkan sikap sesuai dengan standar-nya, ia beranggapan memberi makan, memandikan, mengajak bermain dan menunggui waktu belajar sudah memenuhi keinginan yang diberikan majikannya.

Bukankah akan menjadi sesuatu yang berbeda antara di mandikan pembantu dengan di mandikan orang tuanya? Disitu ada belaian kasih sayang yang sangat berbeda, dan itu menjadi pengalaman anak yang tak terlupakan. Demikian hal-nya dalam hal memberi makan, menunggui belajar sampai menghantar dongeng sebelum tidur.

Dilema antara Karir dan menjadi IRT

Memang di zaman maju saat ini akan menjadi pilihan dilematis seorang ibu antara bekerja atau menjadi IRT (Ibu Rumah Tangga), ada beberapa kondisi yang berbeda-beda :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x