Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... street buskers

Ad Majorem Dei Gloriam

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Tips Bisnis: Meningkatkan Laba Melalui Kepuasan Pelanggan

13 Juli 2020   07:48 Diperbarui: 13 Juli 2020   07:48 158 42 12 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Bisnis: Meningkatkan Laba Melalui Kepuasan Pelanggan
Image by Gustavo Fring from Pexels

Pemasaran berorientasi konsumen telah memunculkan filosofi baru dalam bisnis yang dikenal sebagai 'konsep pemasaran'. Konsep pemasaran menekankan pada penentuan kebutuhan pelanggan potensial dan distributor produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Di dalamnya konsep pemasaran, pelanggan adalah titik tumpu di mana bisnis bergerak. Tujuan perusahaan bukanlah memaksimalkan volume penjualan yang menguntungkan tetapi laba diperoleh melalui kepuasan pelanggan.

Pemenuhan keinginan pelanggan lebih diutamakan daripada produksi dan kegiatan bisnis lainnya. Dengan kata lain, produksi dijalankan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan demikian, penekanan dalam bisnis modern adalah pada kepuasan pelanggan dan bukan hanya pada penjualan barang.

Konsep pemasaran didasarkan pada pilar-pilar berikut:

  • Identifikasi calon pelanggan atau target pasar.
  • Memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan atau target pasar dengan berhubungan dengan mereka.
  • Pengembangan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan target pasar.
  • Memenuhi kebutuhan target pasar lebih baik daripada pesaing.
  • Memastikan penjualan yang menguntungkan untuk bisnis.

Fitur dari Konsep Pemasaran

Ini menekankan perlunya orientasi konsumen dari seluruh bisnis. Pemasaran dimulai dengan penentuan keinginan pelanggan dan berlanjut hingga keinginan pelanggan benar-benar puas dan mereka senang dengan barang dan jasa.

  • Pendekatan Terintegrasi

Konsep pemasaran memaksa perusahaan bisnis untuk menggunakan pendekatan terintegrasi dalam operasi mereka. Setiap perusahaan harus mengoordinasi-kan kegiatan departemen produksi, keuangan dan pemasaran untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Setiap departemen harus berkontribusi untuk kepuasan pelanggan.

  • Perspektif Jangka Panjang

Konsep pemasaran mencari pengembangan bisnis dan keuntungan selama periode waktu yang lama. Para pemasar menawarkan proposisi nilai kepada pelanggan dan membangun hubungan yang langgeng dengan mereka sehingga dapat menarik pelanggan baru dan mempertahankan mereka di masa depan.

  • Volume Penjualan yang Menguntungkan

Pemasaran dianggap berhasil hanya jika mampu memaksimalkan penjualan yang menguntungkan melalui kepuasan pelanggan dalam jangka panjang.

Perusahaan bisnis yang berdasar konsep pemasaran akan mencapai manfaat sebagai berikut:

1. Konsep pemasaran memiliki implikasi filosofis dan strategis. Ini membantu perusahaan bisnis untuk mengarahkan kegiatannya ke arah tujuan yang lebih luas dan jangka panjang seperti interaksi berkelanjutan dengan pelanggan, melalui kepuasan dan kesenangan pelanggan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN