Mohon tunggu...
Kris Banarto
Kris Banarto Mohon Tunggu... operarius

menggapai makna, melukis aksara

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Bisnis Maju, Perhatikan 4 Proses Manajemen Strategis

22 April 2020   18:19 Diperbarui: 22 April 2020   18:14 553 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bisnis Maju, Perhatikan 4 Proses Manajemen Strategis
image Pexels.com

Proses manajemen strategis berarti mendefinisikan strategi organisasi. Ini juga didefinisikan sebagai proses di mana manager membuat pilihan serangkaian strategi untuk organisasi yang akan memungkinkannya untuk mencapai kinerja yang lebih baik.

Manajemen strategis adalah proses berkelanjutan yang menilai bisnis dan industri di mana organisasi terlibat, menilai kompetitornya dan memperbaiki tujuan untuk memenuhi semua pesaing saat ini dan yang akan datang serta kemudian menilai kembali setiap strategi.

4 (empat) Komponen Proses Manajemen Strategis :

1. Srtategy of Environmental Scanning

Strategi scanning lingkungan dilakukan dalam proses mengumpulkan, meneliti dan menyediakan informasi yang memadai untuk tujuan-tujuan strategis. Ini membantu dalam menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang memengaruhi suatu organisasi.

Setelah melaksanakan proses analisis lingkungan, manajemen harus mengevaluasinya secara berkelanjutan dan berusaha untuk memperbaikinya. Analisis internal lingkungan adalah langkah pertama dalam scanning lingkungan. Organisasi harus memperhatikan lingkungan organisasi internal.

Ini termasuk interaksi karyawan dengan karyawan lain, interaksi karyawan dengan manajemen, interaksi manajer dengan manajer lain, dan interaksi manajemen dengan pemegang saham, akses ke sumber daya alam, kesadaran merek, struktur organisasi, staf utama, potensi operasional, dll.

Juga, diskusi, wawancara, dan survei dapat digunakan untuk menilai lingkungan internal. Analisis lingkungan internal membantu dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan organisasi.

2. Formulation Strategy 

Perumusan Strategi adalah proses memutuskan tindakan terbaik untuk mencapai tujuan organisasi dan karenanya mencapai tujuan organisasi. Setelah melakukan scanning lingkungan, manager merumuskan strategi perusahaan, bisnis dan fungsional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN