Mohon tunggu...
Krisanti_Kazan
Krisanti_Kazan Mohon Tunggu... Guru - Learning facilitator in SMA Sugar Group

Mencoba membuat jejak digital yang bermanfaat dan bercita² menghasilkan karya buku solo melalui penerbit mayor. (Learning facilitator di Sugar Group Schools sejak 2009, SMA Lazuardi 2000-2008; Guru Penggerak Angkatan 5; Pembicara Kelas Kemerdekaan di Temu Pendidik Nusantara ke 9; Pemenang Terbaik Kategori Guru Inovatif SMA Tingkat Provinsi-Apresiasi GTK HGN 2023; Menulis Buku Antologi "Belajar Berkarya dan Berbagi"; Buku Antologi "Pelita Kegelapan"; Menulis di kolom Kompas.com; Juara II Lomba Opini Menyikapi Urbanisasi ke Jakarta Setelah Lebaran yang diselenggarakan Komunitas Kompasianer Jakarta)

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Bahaya Trust Issue di Dunia Kerja: Penyebab Utama dan Solusi Berbasis Empati

21 Mei 2024   15:12 Diperbarui: 23 Mei 2024   09:30 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi: Pexels/CHRISTINA MORILLO

Bayangkan seorang karyawan yang merasa terisolasi dan tidak diakui dalam timnya. Setiap kali dia memberikan kontribusi atau mencoba berbagi ide, seringkali diabaikan atau bahkan diremehkan oleh pimpinan atau rekan-rekannya. Apakah dia akan terus berbagi pendapatnya atau justru menahan diri? Bagaimana dia bisa percaya pada timnya jika merasa bahwa kontribusinya tidak dihargai? Bagaimana hal ini akan mempengaruhi motivasinya untuk bekerja dan kinerjanya secara keseluruhan?

Di era globalisasi dan digitalisasi saat ini, dunia kerja mengalami transformasi yang signifikan.

Namun, di balik perkembangan teknologi dan perubahan dinamika kerja, masalah trust issue atau ketidakpercayaan di tempat kerja semakin menjadi sorotan. 

Trust issue dapat merusak hubungan profesional, menghambat produktivitas, dan menurunkan moral karyawan.

Penyebab utama trust issue di dunia kerja sering kali berkaitan dengan komunikasi yang buruk, kurangnya transparansi, dan kepemimpinan yang otoriter.


Untuk mengatasi masalah ini, pendekatan berbasis empati menjadi solusi yang efektif.

Dengan memahami dan merespons kebutuhan serta perasaan karyawan, perusahaan dapat membangun kembali kepercayaan, menciptakan lingkungan kerja yang positif, dan meningkatkan kinerja keseluruhan.

Kepercayaan adalah elemen kunci dalam membangun lingkungan kerja yang produktif dan harmonis.

Ketika kepercayaan hilang, kinerja tim dan individu dapat menurun drastis, mengakibatkan berbagai masalah, mulai dari menurunnya produktivitas hingga meningkatnya tingkat turnover karyawan.

Artikel ini membahas penyebab utama trust issue di tempat kerja dan menawarkan solusi berbasis empati untuk mengatasi masalah ini.

5 Penyebab Utama Trust Issue di Dunia Kerja

Kurangnya Transparansi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun