Mohon tunggu...
Kriminologi.id
Kriminologi.id Mohon Tunggu...

Kriminologi.id adalah media yang menyajikan pemberitaan tentang kejahatan dan gejalanya dari berbagai sisi secara jurnalistik, namun tidak menonjolkan sadisme dan kecabulan. Kunjungi online news kami di : https://kriminologi.id

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

23 Juli 1942, Kamp Pemusnahan Nazi di Treblinka Dioperasikan

24 Juli 2018   13:17 Diperbarui: 24 Juli 2018   13:41 874 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
23 Juli 1942, Kamp Pemusnahan Nazi di Treblinka Dioperasikan
Treblinka Kamp Pembantaian Nazi pertama beroperasi

Perang Dunia II merupakan sejarah yang tak akan pernah terlupakan, karena membawa begitu banyak bencana bagi seluruh manusia khususnya bagi bangsa Yahudi. Nazi, sebagai salah satu partai yang memenangkan pemilu di jerman pada tahun 1933 yang dipimpin oleh Adolf Hitler sangat membenci kaum Yahudi dengan menggunakan paham Naziisme.

Pada tahun 23 Juli 1942, Kamp pemusnahan pertama Nazi dioperasikan di dalam hutan di daerah warsawa, Polandia yang dinamakan kamp treblinka yang saat ini  merupakan provinsi Masovian.

Lihat Juga : Adolf Hitler Masuk di Daftar Pemimpin Besar, Penerbit India Dikecam

Treblinka terdiri dari 2 kamp yang terpisah tetapi masih dalam satu wilayah yang sama, yaitu Treblinka 1 dan Treblinka 2. Treblinka 1 merupakan kamp konsentrasi yang digunakan untuk para tahanan yang dipekerjakan secara paksa sedangkan Treblinka 2 merupakan kamp konsentrasi yagn dikhususkan untuk melakukan aksi pembantaian.

Di dalam kamp Treblinka 2 terdapat kamar-kamar gas yang digunakan Nazi untuk membunuh ribuan yahudi hanya dalam waktu satu jam saja. Umumnya para tahanan tewas karena dieksekusi, kelelahan, kelaparan, penyakit, dan perlakukan keran dan tak maunisawi oleh para penjaga yang merupakan kesatuan SS.

Hingga saat ini, kamp Treblinka menjadi museum dan dibangun tugu batu besar pada tahun 1959-1962 sebagai penghormatan terhadap seluruh tahanan di kamp Treblinka.

VIDEO PILIHAN