Mohon tunggu...
Kres Dahana
Kres Dahana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Magister Penyuluhan Pertanian Universitas Jenderal Soedirman

Membaca lalu menulis... Menulis lalu membaca...

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Kelola Penghasilan di Awal Bulan

8 Oktober 2021   13:59 Diperbarui: 8 Oktober 2021   17:35 90 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kelola Penghasilan. Sumber Ilustrasi unsplash.com

Tanggal tua
Uang tinggal sedikit
Kebutuhan banyak

- Khalayak -

Kelola Keuangan Mulai Awal Bulan

Sebelum mencapai tanggal tua, pastilah kita alami tanggal muda.  Sebelum uang kita sedikit, pastilah kita pernah punya uang (cukup) banyak.  Jadi tinggal atur saja.  Awal bulan adalah waktu di mana kita menentukan, seperti apa pengelolaan uang kita.

Sebagai orang berpenghasilan dengan jumlah terbatas, kita akan berhadapan dengan pilihan-pilihan pengelolaan keuangan.  Apakah akan kita habiskan di awal bulan?  Atau di akhir bulan? Ataukah kita pertahankan untuk tetap ada saving?

Kalau kita ingin saving dari penghasilan kita.  Sebaiknya dilakukan di mana?  Berdasarkan pengalaman pribadi, saving sebaiknya dilakukan di awal bulan.  Dan saya menyebutnya, dana cadangan.

Trial and Error

Kita harus punya saving seberapun penghasilan kita.  Lalu bagaimana kita menentukan jumlah cadangan yang harus kita save per bulannya.  Lakukan trial and error terhadap penghasilan kita.  Contohnya begini, bila kita karyawan baru dengan gaji sekian juta, bulan pertama trial dengan belanja normal (tanpa berhemat).  

Saldo keuangan akhir dicatat, apakah kurang atau lebih gaji kita.  Jika lebih, tentu tidak ada masalah.  Jika kurang lakukan trial di bulan kedua dengan belanja hemat (bukan pelit ya!).  Pasti gaji anda ada sisanya dong.  Itulah yang dipakai standar untuk bulan-bulan berikutnya.

Gaji anda 2 juta rupiah.  Bulan pertama, tanpa menghemat, habis seluruhnya untuk belanja.  Bulan kedua, dengan menghemat, gaji sisa 450 ribu rupiah.  Itu yang dipakai standar untuk bulan-bulan berikutnya.  Ketika dapat gaji bulan ketiga, save yang 450 ribu, gunakan sisanya untuk belanja kebutuhan belanja bulanan.

Barangkali ada yang tanya?  Saya sudah mencoba berhemat, tetapi gaji saya tetap tidak cukup.  Saran dari saya, segera ganti pekerjaan anda.  Jelas sekali, antara penghasilan dari pekerjaan dan gaya hidup tidak match.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan