Mohon tunggu...
Kres Dahana
Kres Dahana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Magister Penyuluhan Pertanian Universitas Jenderal Soedirman

Membaca lalu menulis... Menulis lalu membaca...

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Aku Berhenti Merokok (?)

5 Oktober 2021   21:26 Diperbarui: 5 Oktober 2021   21:50 134 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: IG badasslecture

28,69 persen dari penduduk usia 15 tahun ke atas adalah perokok aktif (Badan Pusat Statistik).

Apakah menghentikan kebiasaan merokok itu susah?  Coba saja tanyakan hal itu pada para perokok.  Jelaskan pengaruhnya bagi kesehatan, bagi ekonomi keluarga, bagi orang lain.  Tidak akan semudah itu menghentikan mereka merokok.

Aku sendiri adalah perokok aktif sejak tahun 2003.  Ketika sedang menempuh tugas akhir pendidikan sarjana.  Mulai berkenalan dengan rokok, 1 -- 2 batang sehari, cukuplah untuk menghilangkan stres kala menyelesaikan tugas akhir.   

Saat itu, sedikit rokok merupakan ide yang cukup bagus (menurutku).

Sempat berpikir akan meninggalkan rokok setelah tidak terlalu membutuhkan.  Tetapi apa mau dikata, di tahun 2006 ternyata aku bekerja di daerah penghasil tembakau.  Harus berhubungan dengan petani-petani tembakau.  Dan di daerah itu, hampir semua pria merokok.  Bahkan anak-anak SMP pun sudah terbiasa merokok.  Maka, lestarilah kebiasaan merokok itu.

Saat jadi perokok aktif, kebutuhan rokokku per hari sekitar 2 bungkus rokok kretek isi 16 batang (32 batang), terkadang bertambah menjadi 3 bungkus.  

Dan ada kemungkinan bertambah.  Berkurang hanya bila 'lupa' karena ketatnya kegiatan yang memaksa tidak boleh merokok.

Mungkin selama ini, kita membahas perokok membutuhkan nikotin dari rokoknya, itu yang menyebabkan kecanduan.  Tetapi, sebagai perokok aktif dan pengamat rokok (tembakau) amatir, ada faktor lain yang menyebabkan kecanduan, yaitu tar, aroma tembakau dan aroma perisa (saus tembakau).  

Meskipun belum ada penelitian (atau belum pernah kubaca) tentang unsur-unsur tersebut menyebabkan kecanduan sebagaimana nikotin, tetapi sebagai perokok aku benar-benar 'merindukan' aroma tersebut ketika lama tidak merokok.

Bagaimana Menghentikan Kebiasaan Merokok?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan