Mohon tunggu...
Kres Dahana
Kres Dahana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Magister Penyuluhan Pertanian Universitas Jenderal Soedirman

Membaca lalu menulis... Menulis lalu membaca...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Teknologi Sederhana: Pembuatan Kecap

3 Oktober 2021   08:41 Diperbarui: 3 Oktober 2021   08:43 135 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar 1.  Bahan baku kecap (sumber: kesekolah.com)

Siapa tak kenal dengan kecap?  Larutan pekat berwarna coklat kehitaman sampai hitam ini dikenal sebagai bumbu masakan sekaligus pelengkap masakan di meja makan.  Belum afdhal rasanya bila makan bakso atau soto tanpa kecap.  Bahkan ada satu makanan unik yang mewarnai masa kecil kita, nasi kecap.

Kecap mengandung banyak protein.  Karena kecap berasal dari kedelai, salah satu jenis kacang yang paling populer di Indonesia.  Pada umumnya kecap memiliki rasa manis atau asin.  Kecap biasanya dibuat dari biji kedelai.  Namun sebenarnya, kecap juga dapat dibuat dari  tempe atau ampas tahu.

 Teknologi pembuatan kecap sebenarnya sangat sederhana.  Anda hanya perlu menyiapkan peralatan-peralatan yang diperlukan untuk membuat kecap, antara lain: a).  Timbangan dan alat penakar, b).  Baskom atau ember, c).  Bak perendam (fermentasi) atau drum, d).  Tampah, e).  Pisau dan talenan, f).  Kompor, panci, dan wajan, g).  Kain saring, h).  Pengaduk kayu, i).  Gayung dan corong, j).  Botol, k).  Alat penutup botol dan bahan tutup, l).  Alat penggiling,

Setelah alat tersedia.  Siapkan bahan-bahan untuk membuat kecap.  Untuk membuat kecap, bahan-bahan yang diperlukan juga tidak kalah sederhana dan mudah didapat, antara lain:

a.  Bahan utama

Bahan utama pembuatan kecap kedelai ada 3 (tiga) jenis, yaitu biji kedelai, tempe kedelai, atau ampas tahu.  Kecap yang berasal dari biji kedelai merupakan kecap terbaik, lebih kental, dan aroma serta rasanya sangat khas.

b.  Air

Air merupakan kandungan terbanyak dalam kecap.  Air yang digunakan sebaiknya air matang dan bersih.  Sangat dianjurkan air yang digunakan sebagai bahan baku bukan berasal dari sungai.

c.  Gula merah

Gula merah penting dalam pembuatan kecap terutama untuk menentukan rasa kecap dan menambah kekentalan kecap.  Pada kecap manis, gula merah diberikan sangat banyak, sedangkan pada kecap asin, gula merah hanya diberikan sedikit saja.

d.  Bumbu-bumbu

Bumbu-bumbu juga sangat penting dalam menentukan rasa kecap yang dihasilkan.  Masing-masing perusahaan kecap memiliki bumbu rahasia sendiri yang digunakan dalam kecapnya.  Beberapa jenis bumbu yang digunakan dalam kecap, antara lain, serai, kemiri, ketumbar, bawang putih, kluwak, daun salam kering, laos, dan sebagainya.

Di atas telah disebutkan, bahwa kecap dapat dibuat dari berbagai bahan, meskipun semuanya asalnya dari kedelai.  Ada 3 (tiga) cara membuat kecap kedelai, yaitu dengan menggunakan biji kedelai, dengan menggunakan tempe kedelai, dan dengan menggunakan ampas tahu.  Masing-masing dapat dipilih sesuai dengan ketersediaan bahan baku di sekitar, apakah lebih banyak biji kedelai, tempe, atau ampas tahu?

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan