Mohon tunggu...
Kampung Nelayan Menyapa
Kampung Nelayan Menyapa Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN Walisongo Semarang

KELOMPOK 86 - KKN MIT 14 UIN WALISONGO SEMARANG --- Official Account KKN MIT 14 Kelompok 86 πŸŽ“ UIN Walisongo Semarang πŸ“† 22 Juni - 4 Agustus 2022 πŸ“ Kp. Nelayan 🌊, Jakarta Utara

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perwujudan Moderasi Beragama di Media Sosial

12 Agustus 2022   07:58 Diperbarui: 12 Agustus 2022   08:07 145 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cilincing, Jakarta Utara - Selasa, 19 Juli 2022 Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Kelompok 86 menggelar webinar moderasi beragama yang mengangkat judul Karakter Walisongo di Era Disrupsi Globalt. Webinar tersebut dilaksanakan secara daring melalui Google Meet dengan narasumber terpercaya yaitu Naili Ni'Matul Illiyyun, M.A dari FISIP UIN Walisongo.

Acara webinar moderasi beragama dipimpin oleh moderator Raudhina Ghaisani Arifin, acara berjalan lancar dengan dihadiri dari beberapa partisipan yang berasal dari akademisi dari Universitas di luar UIN Walisongo Semarang dan didalamnya juga terlibat anggota kelompok 86 itu sendiri.

Poin penting pada acara webinar ini adalah mendapatkan gambaran bagaimana para Walisongo dengan karakternya pada zaman itu dapat beradaptasi dengan sangat baik menggunakan media yang "relateable" bagi masyarakat di zaman itu. Anak muda di zaman ini pun dapat mengikutinya dengan beradaptasi pada masa sekarang namun tetap memperhatikan unsur-unsur keagamaan yang utuh.

Salah satu partisipan yang terlibat, Zainab Hauro Aisyah, mengutarakan bahwa Diskusi ini juga memberikan semangat akademik untuk mengembangkan khazanah keilmuan dalam memahami sejarah bangsa serta perkembangan penyebaran ajaran agama Islam di Indonesia, yang mana tentunya ini sejalan dengan prinsip dan value yang digaungkan oleh para founding father bangsa kita yaitu "Jas Merah" yang bermakna jangan sekali-kali melupakan sejarah. Sehingga perlu dipahami oleh para generasi muda seperti kita selaku pelajar untuk mengambil bagian dalam membangun pemahaman yang komprehensif atas bidang perkembangan keilmuan, kenegaraan dan keagamaan.

Selengkapnya bisa ditonton disini

Reporter: Kominfo KKN MIT-DR 14 UIN WS Kelompok 86

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan